Megawati Diyakini Sudah Menyiapkan Penggantinya

Jumat, Agustus 2nd 2019. | Nasional, Politik

Jakarta: Peneliti senior Centre for Strategic an International Studies (CSIS) J Kristiadi membaca Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyadari perlu ada regenerasi kepemimpinan di partainya. Megawati pun diyakini sudah mulai menyiapkan calon penggantinya sebagai ketua umum.

Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri

“(Regenerasi) ini bisa disadari mulai mengemuka lagi. Dan ini juga saya rasa disadari sama Ibu Megawati,” kata Kristiadi di Kantor PARA Syndicate, Jakarta Selatan, Jumat, 2 Agustus 2019.

Menurut Kristiadi, regenerasi di PDIP bukan barang baru. Isu Megawati akan turun takhta selalu berhembus saat PDIP bakal menggelar kongres. Namun, dia menilai persoalan pengganti Megawati hanya perkara waktu.

“Yang namanya regenerasi itu udah menjadi sebuah keharusan,” ujarnya.

Kristiadi mengatakan regenerasi dalam partai politik biasanya terjadi alamiah. Regenerasi kepemimpinan tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Terlebih, dalam partai yang punya sejarah ideologi maupun ketokohan cukup kuat.

“Kalau nanti Ibu Mega ingin kaderisasi atau regenerasi, bisa secara parsial dulu,” ujarnya.

Kristiadi menilai Megawati adalah sosok pemimpin yang sangat karismatik. Sosok seperti Megawati sulit dicari oleh PDIP.

Kristiadi pun belum melihat ada sosok yang mampu menyerupai karisma Megawati. Termasuk, dua anaknya yakni Puan Maharani, dan Prananda Prabowo.

“Ibu Megawati itu karismatik luar biasa, sebab sudah berpengalaman lama, dan begitu banyak jabatan yang disandang,” ujarnya.

PDIP bakal menggelar Kongres V di Bali pada 8-11 Agustus 2019. Hampir dipastikan kongres tersebut hanya akan melanggengkan kepemimpinan Megawati di PDIP selama lima tahun mendatang.

Namun, mencuat pula wacana struktur baru yang akan diputuskan dalam kongres, salah satunya Ketua Harian. Sosok yang mengisi jabatan ini diprediksi berpeluang kuat menjadi pengganti Megawati. (medcom)

tags: ,

Related For Megawati Diyakini Sudah Menyiapkan Penggantinya