wisata-kaltara

Menjaring Ikan Di Temajuk, Kapal Malaysia Dijaring Lantamal

Tuesday, September 20th 2016. | Headline, Hukum & Kriminal
img-20160920-wa0002

Foto: Istimewa

Kalbar, MK – Tertangkap tangan sedang menjaring ikan di perairan Kalimantan Barat, kapal ikan berbendera Malaysia diamankan patroli keamanan laut TNI AL. Dari penangkapan kapal tersebut, Lantamal XII Pontianak berhasil menyita 750 kg dengan berbagai jenis ikan.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Dampak tajam) XII Brigjen TNI (Mar) M. Hari menjelaskan, kronologis penangkapan kapal ikan berbendera Malaysia ini. KM. SF 1-2929 ditangkap di perairan Tanjung Datu, Temajuk pada hari Minggu (18/9) sekitar pukul 13.00.  Ketika itu, patroli keamanan laut Posal Temajuk melakukan patroli dan memantau adanya aktivitas penjaringan ikan. Saat didekati, awak kapal sedang menarik jaring dengan alat tangkap jenis trawl.

“Saat mereka menarik jaring trawl sudah terdapat kurang lebih 750 kg dengan jenis ikan campur,” ujarnya.

Tidak ada perlawanan dari nahkoda dan anak buah kapal yang berjumlah enam orang ini. Akhirnya kapal beserta nahkoda dan ABK digiring ke Satuan Keamanan Laut Lantamal XII Pontianak dengan Patkamla Temajuk.

Meski berbendera Malaysia, namun nahkoda beserta ABK mengaku sebagai warga negara Indonesia. Hingga saat ini, masih dalam proses penyelidikan.

“Saat ini sedang dalam proses penyelidikan dan penyidikan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” ucapnya. (Lyn/Rz)

Related For Menjaring Ikan Di Temajuk, Kapal Malaysia Dijaring Lantamal