wisata-kaltara

Meski Sudah Dikeluarkan, SKCK Caleg Bisa Dicabut Lagi

Thursday, July 5th 2018. | Headline, Hukum & Kriminal, Malinau, Politik
  •  Jika Tersandung Persoalan Hukum Selama Proses Pencalonan

MALINAU, MK – Menyambut pelaksanaan pendaftaraan peserta Pileg dan Pilpres, khususnya pendaftaran Calong anggota DPRD Kabupaten Malinau ke KPU yang digelar hari ini (4/7) secara serentak. Polres Malinau memberikan kemudahan dalam mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Yakni dengna memberikan kemudahan bagi para caleg-caleg yang mendaftar ini.

“Apalagi hari ini kan sudah mulai tahap pendaftaran caleg. Kita berikan kemudahan lah kepada mereka,” ungkap Kapolres Malinau AKBP Bestari H. Harahap, kepada media ini, Rabu (4/7).

Meski diberikan kemudahan, kata Bestari, pihaknya juga sangat selektif untuk mengeluarkan dan menerbitkan SKCK tersebut. “Yah pastinya kita lakukan penelitian dulu kepada setiap pencalonan. Setelah itu kita terbitkan SKCK mereka,” ujarnya.

Dikatakan Kapolres Malinau, penelitian dilakukan kepada para caleg terlebih dahulu untuk guna mengetahui memilliki catatan kriminal sebelumnya. Jika memang ada, pihak kepolisian tidak akan memberikan SKCK itu. Bahkan, para caleg yang telah mendapatkan SKCK tersebut dan telah ditetapkan oleh KPU sebagai peserta pemilu 2019 mendatang bisa dicabut. Dengan alasan, jika di kemudian hari memiliki permasalahan tindak pidana.

“Waktunya pencalegan ini kan masih panjang. Nah, di dalam proses itu kalau caleg ini tersandung kasus hukum maka SKCK-nya akan kami cabut,” tegasnya.

Untuk pencabutan SKCK itu, ujar perwira melati dua ini, akan mengacu pada peraturan-peraturan yang ada di KPU. Pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan KPU. Kapolres mengimbau kepada setiap caleg agar tetap menjaga kondusifitas di tengah masyarakat. termasuk kepada masyarakat Malinau dalam menyambut pesta demokrasi tahun 2019 mendatang, agar dapat menjaga keamanan dan ketertiban bersama. Terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. Setidaknya, tidak ada batasan-batasan atau kelompok-kelompok yang nantinya bisa mengakibatkan keributan dan perpecahan.

“Kami minta ke semua masyarakat Malinau untuk tetap aman, tertib dalam menyambut Pilpres dan Pileg ini,” imbuhnya.(Yan)

tags: ,

Related For Meski Sudah Dikeluarkan, SKCK Caleg Bisa Dicabut Lagi