wisata-kaltara

Minat Baca Siswa Kelas Awal Meningkat

Friday, July 27th 2018. | Advertorial, Uncategorized

PEMBICARA : Ketua TP PKK Kaltara yang juga istri Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, Hj Rita Ratina Irianto Lambrie saat menjadi pembicara pada Forum Diskusi Temu INOVASI di Ruang Graha Utama Ki Hajar Dewantara Kemendikbud, Kamis (26/7).

JAKARTA, MK – Dalam rangka mendorong peningkatakan minat baca anak Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Program Kemitraan INOVASI untuk anak sekolah antara Indonesia dan Australia menggelar Forum Diskusi Temu INOVASI yang dilaksanakan dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN) 2018 di Ruang Graha Utama Gedung Ki Hajar Dewantara Kemendikbud, kemarin (26/7).

Sebagai tokoh yang dianggap berperan aktif dalam mengampanyekan tentang pentingnya penguatan bidang pendidikan di Kalimantan Utara (Kaltara), baik pendidikan formal maupun non formal, Hj Rita Ratina Irianto Lambrie diundang sebagai pembicara pada forum tersebut.

Dalam forum itu, Rita menyampaikan hal-hal yang telah ia lakukan bersama dengan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan organisasi lain yang diketuainya maupun yang bermitra dengannya dalam memacu peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan di Kaltara. “Kita berikan pendidikan bagi guru-guru PAUD dan memberangkatkan mereka ke Jakarta bagi yang berprestasi untuk mendapat pelatihan yang lebih baik lagi. Kami juga membagikan buku, baik untuk murid dan gurunya serta memacu organisasi lain untuk berbuat hal yang sama,” jelas Hj Rita.

Ia juga menekankan bahwa apa yang mereka lakukan sekarang, hasilnya baru akan terlihat di tahun-tahun mendatang. Gambaran kecilnya, sudah terlihat dari penelitian yang dilakukan oleh SIPPI 2017 yang menunjukkan bahwa minat baca siswa kelas awal di Kaltara telah naik menjadi 85 persen. Walaupun 68 persen terdiri dari buku pelajaran dan 17 persen lagi, buku cerita dan lainnya. “Ini sejalan dengan program pelatihan yang kami mulai dari 2016. Dimana, kami melatih guru-guru PAUD untuk menjadi berkualitas sehingga dapat mempersiaapkan anak-anak yang siap untuk jenjang berikutnya,” urai Hj Rita. Hadir pula di kegiatan itu, Arkanata Akram, putra dari Hj Rita Ratina Irianto Lambrie yang akan didaulat sebagai Duta Baca Kaltara.(humas)

tags: , , ,

Related For Minat Baca Siswa Kelas Awal Meningkat