MK Tak Temukan Bukti Fisik 17,5 Juta DPT Invalid

Rabu, Juni 19th 2019. | Headline, Hukum & Kriminal

Jakarta: Anggota Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Enny Nurbaningsih mempertanyakan ketiadaan bukti fisik terkait tudingan adanya Daftar Pemilih Tetap (DPT) tak wajar. Pasalnya, salah satu saksi capres-cawapres 02, Agus Muhammad Maksum menyinggung adanya 17,5 juta DPT yang invalid.

Anggota Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Enny Nurbaningsih (tengah) saat sidang pemeriksaan pendahuluan di MK.

Menurut Eny dalam bukti bernomor P155 menyebutkan adanya Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) yang tidak sesuai. Namun tidak ditemukan bukti fisik dari tudingan perihal tersebut.

“Saya mohon dihadirkan bukti P155 untuk saya konfrontasi dengan bukti yang disampaikan oleh KPU, karena saya cari di sini P155 yang menunjukkan 17,5 juta itu tidak ada. Tolong dihadirkan,” ujar Enny di ruang sidang MK, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Juni 2019.

Kuasa hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Nasrullah menanggapi permintaan dari majelis hakim. Pihaknya akan berusaha untuk menghadirkan bukti fisik dari 17,5 juta DPT bermasalah.

“Yang mulia terima kasih mohon kami diberikan waktu oleh karena yang PIC-nya (penanggung jawab) yang menyusun ini saudara Zulfadli dan saudara Dorel Amir yang sedang mengurus dokumen-dokumen verifikasi,” tutur Nasrullah.

Enny pun menegaskan bahwa bukti-bukti yang telah didaftarkan di MK telah dilakukan verifikasi, sebelum diserahkan kepada Mahkamah. Dari verifikasi itu diketahui terdapat nomor bukti P155 yang menjelaskan 17,5 juta DPT tidak wajar. Namun, tidak ditemukan bukti fisik hingga persidangan saat ini.

“Karena ini (bukti fisik P155) penting sekali. Sehingga kita tahu clear sekali di mana kemudian NIK yang tidak sesuai termasuk KK yang tidak sesuai itu dari 17,5 juta,” pungkasnya. (medcom.id)

tags: , , ,

Related For MK Tak Temukan Bukti Fisik 17,5 Juta DPT Invalid