Gambar-Gif

Munculkan Kemampuan Besar Petani

Wednesday, September 6th 2017. | Ekonomi & Bisnis, Kaltara
- wisata-kaltara -

OPTIMALISASI : Pertemuan optimalisasi sumberdaya mendukung industri kelapa sawit berkelanjutan di perbatasan Kaltara di Kayan Halla Hotel Tarakan Plaza, Selasa (5/9).

TARAKAN, MK – Mencapai cita-cita pertumbuhan perekonomian dan kehidupan masyarakat yang berkualitas, salah satu upaya yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) dibawah arahan Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie adalah membangun pertanian dan perkebunan.

Dijelaskan Gubernur, penyelenggaraan pembangunan untuk memajukan pembangunan di Kaltara, khususnya dari sektor perkebunan merupakan salah satu perwujudan dari Undang-Undang (UU) Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan. “Penyelenggaraan perkebunan itu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, meningkatkan sumber bisnis negara, memberikan perlindungan kepada pelaku usaha perkebunan dengan masyarakat, serta mengelola dan memberdayakan perkebunan secara optimal bertanggung jawab dan lestari,” kata Gubernur, Selasa (5/9).

Gubernur menyebutkan, sektor pertanian merupakan salah satu pintu masuk untuk mengatasi kemiskinan, juga dapat menekankan kepentingan baik di wilayah maupun kesejahteraan antara kaya dan miskin. “Kita tidak bisa melihat lagi para petani dengan sebelah mata. Namun kita sadar bahwa tantangan-tantangannya tidak mudah untuk dilalui. Untuk itu, kita harus memunculkan kemampuan besar para petani,” papar Gubernur.

Untuk mencapai hal tersebut, Gubernur berharap adanya kerjasama antar pemerintah, perusahaan, asosiasi, maupun koperasi untuk berkontribusi dalam pembangunan pertanian. “Kita akan tingkatkan visi kerjasama yang bagus antara perusahaan dan asosiasi, serta pemerintah. Tanpa ada kerjasama yang bagus, pasti kita tidak akan menghasilkan pekerjaan yang bagus,” tuntas Irianto.(humas)

tags:

Related For Munculkan Kemampuan Besar Petani