wisata-kaltara

Muri Apresiasi Pergelaran Irau Malinau Sukses

Saturday, October 27th 2018. | Headline, Malinau
  • Yusuf Ngadri : Maha Karya Budaya Bupati Malinau Gelar IRAU dan Inisiasi 6 Lembaga Adat Raih Rekor MURI Patut Jadi Contoh Bagi Yang Lain

Malinau, MK – Pagelaran IRAU Kabupaten Malinau ke-9 yang dilaksanakan selama 13 hari sejak 15-27 Oktober 2018 memberikan banyak catatan positip bagi masyarakat Malinau bahkan Kalimantan Utara juga Indonesia.

Tidak hanya atraksi adat dan budaya yang beragam dan bernilai tinggi tetapi kesungguhan dari seluruh pihak baik pemerintah daerah, lembaga adat, paguyuban dan seluruh elemen masyarakat menjadikan IRAU sebuah ikon pariwisata yang memang pantas menjadi event bertaraf nasional bahkan ke depan bisa ditingkatkan menjadi internasional.

Selain kesungguhan dalam penyelenggaraan, catatan positip juga datang dari Senior Manager Museum Rekor Indonesia Dunia (MURI) Yusuf Ngadri yang hadir memberikan penilaian sekaligus mencatatkan rekor bagi 6 lembaga adat yaitu DPC Persekutuan Dayak Lundayeh (PDL) Malinau, Lembaga Adat Besar Tidung Kabupaten Malinau, Lembaga Adat Dayak Kayan Kabupaten Malinau, Lembaga Adat Dayak Kenyah Kabupaten Malinau, Persatuan Masyarakat Sa’ban Kabupaten Malinau dan Lembaga Adat Dayak Tahol Kabupaten Malinau.

Keenam lembaga adat tersebut berhasil meraih 9 rekor MURI dalam kategori yang berbeda yaitu lobang lesung terbanyak, alu terbanyak, tungku terpanjang, membuat kalatung (kentongan kayu) terbanyak, bepupur dengan peserta terbanyak, perisai terpanjang, pagelaran musik sampe terbanyak, Ani Ka’bo (kalung dan buah kalung) terbesar dan bubu terpanjang.

Yusuf Ngadri yang hadir dalam setiap pemecahan rekor MURI pada IRAU ini mengatakan bahwa, perolehan MURI sebanyak 11 rekor merupakan sebuah maha karya budaya dari seorang Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si yang tak ternilai harganya.

“Ini adalah Maha karya dari seorang Bupati Malinau yang telah sukses menggelar IRAU dan menginisiasi pemecahan rekor MURI bagi lembaga adat yang ada pada pagelaran budaya ini. Luar biasa perhatian beliau terhadap seni dan budaya setiap lembaga adat dan paguyuban yang ada di Malinau. Hal ini bisa menjadi contoh bagi yang lainnya” ujar Yusuf Ngadri.

Lebih lanjut Yusuf Ngadri juga mengacungkan jempol kepada Bupati Malinau yang selama perhelatan atraksi adat dan budaya selalu hadir bersama istri tercinta.

“Beliau saya lihat tidak pernah absen dalam setiap atraksi adat dan budaya. Ini menunjukan komitmen kuat beliau untuk memajukan rakyat dan dekat dengan rakyat. Pada Pebruari mendatang kami berencana mengundang Bapak Bupati Malinau untuk hadir di acara ulang tahun MURI di Jakarta. Rencananya Kami akan siapkan penghargaan khusus untuk beliau atas keberhasilan menggelar IRAU ini” jelas Ngadri. (Aan/Diskominfo)

tags: , ,

Related For Muri Apresiasi Pergelaran Irau Malinau Sukses