NasDem Sepakat dengan Amien Rais

Selasa, Juli 16th 2019. | Politik

Jakarta: Partai NasDem sepakat dengan pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang meminta partainya berada di luar pemerintahan. Sudah seharusnya ada partai pengawas sebagai penyeimbang jalannya pemerintahan.

Sekjen NasDem Johnny G Plate.

“Memang seharusnya demikian. Jadi, yang menang harus diberi kesempatan menjalankan pemerintahnnya dan yang belum menang harus mengawasi pemerintahannya. Itu normal,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G Plate di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Juli 2019.

Johnny menyampaikan dalam sistem ketatanegaraan tak ada istilah oposisi dan koalisi, yang ada sistem pengawasan dan keseimbangan. Partai penyeimbang dibutuhkan DPR untuk mengkritisi kebijakan-kebijakan Presiden Joko Widodo.

“Jadi, demokrasi kita sehat, kuat, dan efektif. Adanya check and balances baik menjaga dan memastikan pemerintahan yang sehat,” ujar dia.

Menurut dia, tak ada yang salah menjadi oposisi. Oposisi juga memiliki tugas dan fungsi penting. “Pak Jokowi kan bilang membangun negara bersama tidak mengatakan di kabinet bersama. Bangun negara bersama bisa di luar di kabinet.”

Sebelumnya, Amien Rais ingin Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan koalisinya tetap berada di luar pemerintahan. Ia mengatakan oposisi mengawasi kinerja pemerintahan selama lima tahun ke depan.

“Kalau pada bergabung nanti tidak ada lagi yang mengawasi. Nanti suara DPR sama dengan ekskutif. Itu petanda lonceng kematian demokrasi. Di mana pun seperti itu,” kata Amien.

Parlemen yang berisi partai pengusung Prabowo dalam pemilihan presiden (pilpres) harus kritis terhadap pemerintah. Posisi parlemen tak boleh selalu senada dengan pemerintah. Eksekutif dan legislatif yang bersatu akan merusak demokrasi.

“Kalau parlemen sudah menyuarakan atau jadi jubirnya atau sudah dikooptasi oleh ekskutif, maka demokrasi itu mengalami musibah yang paling berat dan tidak bisa bangkit kembali. Kalau kedua kekuatan eksekutif dan legislatif jadi satu artinya yudikatifnya mengamini. It is over,” ujar Amien. (medcom.id)

tags: ,

Related For NasDem Sepakat dengan Amien Rais