NasDem Tak Perlu Khawatirkan Efek Ekor Jas

Selasa, April 9th 2019. | Nasional, Politik

JAKARTA, MK – Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago merilis tingkat keterpilihan partai politik di pemilihan umum 2019. NasDem dinyatakan tak perlu khawatir atas efek ekor jas.

“NasDem termasuk karena memang asosiasinya, walaupun tidak sebanyak PDIP tetapi asosiasi dari coat tail effect Pak Jokowi memang ke PDIP. Tapi partai Nasdem ikut merasakan itu sedikit banyaknya pasti,” kata Pangi di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 9 April 2019.

Menurutnya, selain dipastikan mendapat efek ekor jas, NasDem unggul dari segi Daftar Caleg Tetap atau DCT. Pangi tak memerinci pasti calon wakil rakyat mana yang berpengaruh. Namun NasDem dipastikan merasakan manfaat dari komposisi caleg yang diusung.

Keunggulan NasDem juga ditunjang oleh logistik dan media, serta mesin partai. Dalam pemilu 2019, mesin politik partai pimpinan Surya Paloh itu dinilai efektif untuk berpartisipasi dalam pileg.

“Nah, banyak juga kepala daerah-kepala daerah juga hari ini banyak dari partai Nasdem, itu memengaruhi sekali,” ujar dia.

Survei Voxpol menyebutkan NasDem berada di barisan tujuh partai yang lolos parliementary threshold, atau ambang batas parlemen. Tujuh partai itu adalah PDI Perjuangan 24.1 persen, Partai Gerindra 19.3 persen, Partai Golkar mendapat 9.5 persen, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 6.1 persen, Partai Demokrat 5,7 persen, Partai NasDem 4,3 persen dan Partai Amanat Nasional (PAN) 4,1 persen.

Survei dilakulan dalam rentang waktu 15 hari, yakni dimulai 18 Maret hingga tanggal 1 April 2019. Sebanyak 1.600 responden yang dijadikan sampel berasal dari 34 Propinsi dan telah mempunyai hak pilih, yaitu berusia 17 tahun keatas atau sudah menikah ketika dilakukan survei.

Para responden yang terdiri dari 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan ini menjalani metode multistage random sampling untuk survei. Adapun margin of error sebesar ± 2,45 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Setiap responden yang terpilih dilakukan wawancara dengan metode tatap muka (face to face) oleh surveyor profesional. Voxpol juga melakukan Quality Control sebanyak 20 persen dari total jumlah sampel secara acak dengan cara mendatangi kembali responden terpilih dan mengonfirmasi ulang responden terpilih.

Sumber: Medcom.id

tags: ,

Related For NasDem Tak Perlu Khawatirkan Efek Ekor Jas