Nelayan Malaysia Protes Penyitaan Kapal oleh Indonesia

Selasa, Juli 23rd 2019. | Headline, Hukum & Kriminal, Nasional

Kuala Lumpur: Sejumlah nelayan dan juga pemilik kapal berkumpul di Kedutaan Besar Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia, untuk menyerahkan sebuah memorandum, Selasa 23 Juli 2019. Isi dari memorandum adalah pernyataan protes atas disitanya sejumlah kapal Malaysia oleh pemerintah Indonesia.

Perahu motor RI mengawal dua unit kapal ikan berbendera Malaysia yang ditangkap di perairan Selat Melaka ke Pelabuhan Perikanan Koetaraja, Banda Aceh,

Massa mengatakan beberapa kapal mereka disita oleh pemerintah Indonesia di sekitar perairan Malaysia dan wilayah sengketa dekat Selat Malaka.

Dalam memorandum tersebut, dua kelompok bernama Balai Pertemuan Tiongkok Kuala Lumpur dan Selangor (KLSCAH) dan juga Asosiasi Umum Industri Perikanan Malaysia menyatakan bahwa ada 23 kapal yang telah disita pemerintah Indonesia sejak 2018.

Mereka menambahkan penyitaan ini berujung pada kerugian senilai 10 juta ringgit atau setara Rp33 miliar. Dalam memorandum disebutkan bahwa 23 kapal itu tetap disita meski sudah dilengkapi alat pendeteksi yang menyatakan posisinya saat itu masih di perairan Malaysia.

Kedua asosiasi itu juga mengatakan bahwa ada beberapa titik tertentu di Selat Malaka yang sama-sama diklaim Indonesia serta Malaysia.

“Saat itu, sebenarnya Indonesia cukup memberikan peringatan agar kapal-kapal kami berputar arah. Tapi penyitaan itu dilakukan tanpa peringatan apapun, dan kapal-kapal kami ditarik ke perairan Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal KLSCAH Tan Soon Lim, dikutip dari laman The Star.

Sementara itu, Presiden Asosiasi Grosir Ikan Hoi Seong Kuala Lumpur, Sing Kian Hock, mengatakan bahwa harga ikan di ibu kota Malaysia kini meningkat 21 persen. Hal ini disebabkan pihaknya yang harus mengimpor ikan demi memenuhi permintaan pasar. Ia menilai penyitaan kapal oleh Indonesia turut berkontribusi atas kenaikan harga ini.

“Kami berharap para nelayan dapat bekerja secara leluasa sehingga kami dapat menurunkan harga (ikan),” tutur Sing. (medcom)

tags: ,

Related For Nelayan Malaysia Protes Penyitaan Kapal oleh Indonesia