Nunukan Entas Sebagai Daerah Tertinggal

Rabu, Agustus 7th 2019. | Nunukan

Lambang Kabupaten Nunukan

Nunukan – Komitmen pemerintah Kabupaten Nunukan dalam mendorong percepatan pembangunan daerah tertinggal kini telah mulai menuai hasil dengan berhasilnya Kabupaten Nunukan sebagai kabupaten daerah tertinggal yang terentaskan sesuai dengan Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 79 tahun 2019 tentang penetapan Kabupaten Daerah Tertinggal yang Terentaskan Tahun 2015 – 2019.

Kepala bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan Hasan Basri Mursali S.IP mengatakan percepatan pembangunan sebagai daerah tertinggal terus di laksanakan oleh pemerintah daerah melalui Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid SE MM dengan merumuskan berbagai kebijakan dan strategi percepatan pembangunan didaerah.

Disampaikan, dalam surat keputusan menteri Desa PDTT terdapat 62 Kabupaten dari 23 provinsi yang telah memperoleh status terentaskan dari status daerah tertinggal dan salah satunya adalah Kabupaten Nunukan.

Kabupaten Nunukan sebelumnya ditetapkan sebagai daerah tertinggal melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 131 Tahun 2015 tentang penetapan Daerah tertinggal tahun 2015 – 2019, yang terdiri dari 122 Kabupaten dari 23 provinsi se-Indonesia.

“Kita merasa sangat bersyukur dapat keluar dari status daerah tertinggal, sehingga apa yang telah diperoleh saat ini tentunya atas kerjasama semua pihak serta partipasi dan kerjasama dari masyarakat Nunukan,” ucapnya.

Menurut Hasan Basri ada sejumlah faktor yang membuat kabupaten Nunukan terlepas dari status daerah tertinggal, faktor dan kriteria tersebut antara lain perekonomian masyarakat, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kemampuan keuangan daerah, aksebilitas dan karakteristik daerah sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Nomor 3 tahun 2016 tentang petunjuk teknis penentuan indikator dalam penetapan daerah tertinggal secara nasional.

“Untuk penetapan daerah tertinggal ditetapkan oleh pemerintah pusat setiap 5 (lima) tahun sekali secara nasional berdasarkan kriteria, indikator dan sub indikator ketertinggalan daerah,” ungkapnya.

Dikatakan, walaupun Kabupaten Nunukan dinyatakan terentaskan sebagai daerah tertinggal namun masih dalam pengawasan dan pembinaan oleh kementerian/Lembaga dan pemerintah Provinsi Kalimantan Utara selama 3 (tiga) Tahun sejak ditetapkan sebagai daerah yang sudah terentaskan. (red/hms)

tags:

Related For Nunukan Entas Sebagai Daerah Tertinggal