Ombudsmen Kaltara OTT Pungli Di Pelabuhan Feri Juwata

Kamis, Juni 8th 2017. | Headline, Tarakan

Tarakan, MK – Ombudsmen Provinsi Kaltara melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pungutan liar (Pungli) dipelabuhan Feri Juwata  sekira pukul 09.00 Wita dalam kasus surat ijin jalan kendaraan. Dalam operasi tersebut tim Ombusmen menemukan uang ratusan ribu rupiah.

Kepala Perwakilan Ombudsmen Provinsi Kaltara Ibramsyah Amiruddin menjelaskan, operasi tangkap tangan tersebut bermula dari laporan masyarakat yang mengeluhkan adanya pungutan biaya kendaraan bagi penumpang yang ingin keluar Tarakan.

“Dari imformasi masyarakat kalau mau lebaran retribusi jasa angkutan di pelabuhan tersebut, itu naik dari 50 ribu hingga 70 ribu surat jalan itu,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Kamis (08/06)

Ia menuturkan setelah ditelusuri langsung, pihaknya benar menemukan beberapa penumpang membayar sejumlah uang kepada petugas guna memperoleh surat ijin jalan kendaraan. Atas dasar itulah pihaknya kemudian mengcrosscek surat tersebut yang ternyata dikeluarkan oleh Polsek Tarakan Utara.

“Ternyata surat jalan yang dikeluarkan dari Polsek maupun Polres itu disalahgunakan, ada indikasi ognum yang bermain. Ada pungutan liar (Pungli) yang bervariasi, mulai 20 ribu, 50 ribu hingga 70 ribu,” tuturnya

“Jadi setiap orang masuk itu bayar, bahkan ketika saya pura-pura duduk diruangan. Ada orang kasih saya duit kemudian disuruh proses,” sambungnya

Lebih lanjut Ibramsyah mengungkapkan surat jalan tersebut seyogiannya diperuntukkan kendaraan. Namun berdasarkan aturan, surat ijin jalan kendaraan tidak ada dipungut biaya “selanjutnya kita akan koordinasikan dengan Ketua Saber Pungli Kota Tarakan” tutupnya (ars)

tags: , , ,

Related For Ombudsmen Kaltara OTT Pungli Di Pelabuhan Feri Juwata