OSC dan Komitmen Surya Paloh pada Pendidikan Indonesia

Rabu, Agustus 7th 2019. | Nasional

Jakarta:Deputy Chairman Media Group, Lestari R. Moerdijat atau akrab disapa Rerie mengungkapkan, upaya untuk memajukan pendidikan di Indonesia menjadi perhatian khusus Chairman Media Group, Surya Paloh. Program Beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) merupakansalah satu wujud nyatanya.

Penyerahan Dana Bantuan Pendidikan OSC, di Gedung Akademi Bela Negara (ABN), Jakarta.

“Pendidikan menjadi salah satu bidang yang dipikirkan oleh Bapak Surya Paloh. Pak Surya concern sekali terhadap pendidikan,” kata Rerie dalam sambutannya, di acara Penyerahan Dana Bantuan Pendidikan OSC, di Gedung Akademi Bela Negara (ABN), Jakarta Selatan, Rabu, 7 Agustus 2019.

Di hadapan 30 penerima dana bantuan pendidikan OSC 2015-2018, Rerie menceritakan kisah inspiratif tentang pemberedelan surat kabar Harian Prioritas yang didirikan Surya Paloh. Pemberedelan itu tentu saja berdampak pada nasib banyak pegawai di perusahaan media yang berdiri 2 Mei 1986 tersebut.

Menurut Rerie, pascapemberedelan, Surya Paloh melakukan langkah ajaib, bukan mengambil keputusan untuk memecat, tapi justru memilih menyekolahkan pegawainya. “Perusahan tidak dapat uang bagaimana menghidupinya, bukan memberhentikan. Pak Surya mengeluarkan dana pribadi, beliau berkata ini kesempatan bagi yang tidak dapat bekerja untuk sekolah,” tutur Rerie.

Rerie menambahkan, perhatian Surya Paloh terhadap dunia pendidikan bukanlah komitmen basa-basi. Cerita lain, dituturkan Rerie, ketika bencana tsunami meluluhlantakkan Aceh 2004 lalu, Media Group menggalang sumbangan dari masyarakat untuk para korban bencana yang dipicu guncangan gempa berkekuatan 9,1 skala richter tersebut.

Sebanyak70 persen dana yang terkumpul itu, kata Rerie, digunakan untuk membangun kembali Aceh melalui pendidikan. “Lagi-lagi pendidikan, di situlah beliau menanamkan apapun yang kita lakukan, kemanapun melangkah, jangan melupakan pendidikan, fondasi dari segala-galanya,” ujarnya.

Rerie mengungkapkan, memang banyak bentuk bantuan yang diberikan Surya Paloh untuk pendidikan. Namun selama ini tidak pernah digembor-gemborkan. Berbeda dengan OSC Medcom.id, karena OSC berperan sebagai penyalur dan melibatkan banyak mitra Perguruan Tinggi Swasta (PTS), maka publik luas perlu mengetahui informasi tentang program ini.

“Kami adalah saluran, saluran berkah, yang diberikan orang lain, perguruan tinggi memberikan tempat (beasiswa),” katanya.

Bantuan beasiswa dari PTS ini harus bisa sampai kepada anak-anak yang membutuhkan akses meraih pendidikan tinggi jenjang sarjana (S1). Program OSC Medcom.id, kata Rerie, merupakan kesempatan yang luar biasa bagi penerima beasiswanya.

Karena itu, para penerima harus dapat menggunakannya sebaik-baiknya kesempatan ini sebagai modal menjadi penerus bangsa. Sehingga pada 2045 nanti atau persis satu abad Indonesia merdeka, para penerima beasiswa OSC ini mampu berkontribusi bagi bangsa dan negara.

“100 tahun Indonesia emas ini kesempatan kalian. Ketika Indonesia mencapai 100 tahun, umur kalian baru 40 tahun. 40 adalah usia prima, kesempatan untuk melakukan sesuatu yang besar untuk Indonesia. Gunakan kesempatan hari ini, Media group menitipkan apa yang telah dipercayakan oleh orang (PTS) melalui kami untuk bisa kalian capai,” seru Rerie.

Untuk diketahui, OSC merupakan kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh portal berita dan video Medcom.id. Beasiswa OSC hadir untuk memberikan kemudahan bagi putra putri Indonesia, agar dapat melanjutkan pendidikan hingga S1, dengan menggunakan beasiswa yang diberikan PTS mitra OSC.

Dengan OSC peserta tidak lagi perlu datang ke kampus atau universitas untuk mendaftarkan diri dan mengikuti tes secara langsung. Dengan sistem online, OSC mempersingkat dan mempermudah keseluruhan proses, mulai dari pendaftaran, hingga tes tahap awal dilakukan melalui sistem online. (medcom)

tags: , ,

Related For OSC dan Komitmen Surya Paloh pada Pendidikan Indonesia