wisata-kaltara
Gambar-Gif

Pakuwaja Malinau Ajak Warganya Tetap Guyub dan Rukun

Sunday, July 15th 2018. | Malinau

POTONG TUMPENG: Pelaksanaan malam syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh ketua pakuwaja Malinau. warga jawab malinau diharapkan tetap guyub dan rukun sampai kapanpun.

MALINAU, MK – Malam syukuran dan doa bersama di hari ulang tahun (HUT) ke-15 Paguyuban Keluarga Warga Jawa (Pakuwaja) Kabupaten Malinau di tahun 2018 digelar di Pendopo Pakuwaja, Jalan AMD RT 20 Malinau Kota, Sabtu (14/7) malam lalu. Ratusan warga jawa hadir mengikuti malam syukuran dan doa bersama diawali dengan penyerahan cenderamata kepada para para sesepuh Pakuwaja dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang djuga diserahkan kepada tokoh Pakuwaja Malinau.

Ketua Pakuwaja Kabupaten Malinau H Imam Samuji S.Pd memberikan apresiasi yang tinggi dan membanggakan atas antusias warga jawab dalam menghadiri acara ulang tahun Pakuwaja yang ke-15 walaupun ada acara final bola piala dunia bagi pencinta olahraga. Namun semua itu tidak menyurutkan niatnya untuk berparisipasi langsung dalam kegiatan tersebut.

“Ke depan, syukuran ulang tahun Pakuwaja diharapkan akan menjadi lebih meriah lagi. Beberapa warga menyampaikan ke saya setelah acara,” ungkap H Imam Samuji usai acara malam syukuran dan doa bersama tersebut.

H Iman Samuji juga berharap agar semua warga jawa yang ada di Kabupaten Malinau tetap guyub, rukun serta bisa membawa diri dalam sebuah keluarga, bertetangga, bersaudara,  bermasyarakat, bernegara. Serta taat pada norma agama dan adat istiadat dimana berada. Termasuk norma hukum dan menjauhi hal-hal dilarang norma agama, adat istiadat dan tidak hukum formal maupun non formal.

Selain itu, sebagai warga tempatan warga jawab harus tetap menjunjung persaudaraan sesama warga maupun warga setempat (warga asli Malinau).

Seperti kata bijak, “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”. “Kemudian menjauhkan diri dari perbuatan finah, gosip, saling menghina, penyalahgunaan narkoba dan minuman keras dan stop berita bohong alias hoax,” tukasnya.

Sementara itu, mewakili sesepuh dan penasehat Pakuwaja Kabupaten Malinau, Drs. H.M. Maksum M.A.P juga meminta kepada seluruh warga jawa yang ada di Kabupaten Malinau agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Kemudian meningkatkan keguyuban antar warga jawa, berpikiran positif antara sesama warga dan hilangkan pemikiran negatif yang dapat memecah belah persatuan warga jawa yang terjadi selama ini dan bagi warga Kabupaten Malinau pada umumnya. Dukung sepenuhnya pengurus Pakuwaja agar bekerja lebih baik untuk melakukan yang bersifat membangun dan bermanfaat bagi orang banyak.

“Mari kita dukung program Pemkab Malinau. Warga jawa harus berbuat yang terbaik sesuai bidang masing baik dalam segi.ekonomi sosial dan budaya,” ujarnya.

Dalam acara syukuran dan doa bersama tersebut, warga merasa nyaman, senang, dan puas. Bahkan meminta kepada pengurus Pakuwaja Kabupaten Malinau agar hiburannya terus berlanjut. Padahal waktu sudah terlalu larut malam.(wen)

tags:

Related For Pakuwaja Malinau Ajak Warganya Tetap Guyub dan Rukun