wisata-kaltara

Panitia Daerah Siapkan 50 Verifikator Berkas

Wednesday, September 26th 2018. | Kaltara

SELEKSI CPNS : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat meninjau pelaksanaan CAT pada seleksi penerimaan CPNS Pemprov Kaltara tahun lalu.

TANJUNG SELOR, MK – Setelah mengumumkan formasi dan jenis jabatan yang dibuka pada seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kini bersiap untuk melaksanakan tahapan seleksi administrasi. Sesuai jadwal, seleksi administrasi dimulai dengan penyerahan berkas sejak hari ini (26/9) hingga 9 Oktober mendatang.

Dijelaskan Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, sesuai informasi BKD Kaltara selaku panitia daerah, teknis seleksi administrasi pada penerimaan CPNS ini sama dengan tahun lalu. “Untuk tempat penyerahan berkasnya di Aula Lantai I Kantor Gabungan Dinas (Gadis) II Pemprov Kaltara di Jl Rambutan Tanjung Selor,” kata Gubernur, Selasa (25/9).

Untuk tahapan ini, BKD selaku panitia daerah menyiapkan 50 tenaga verifikator yang berasal dari sejumlah OPD. Seperti, dari Inspektorat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan lainnya. “Jika traffic padat, maka BKD akan menambah tim verifikator dari SKPD lain, utamanya yang mengelola kepegawaian,” jelas Gubernur.

Upaya untuk mencegah memadatnya antrean pada sesi penyerahan berkas, BKD akan menerapkan sistem nomor antrean. Termasuk jam layanan pun akan menyesuaikan dengan traffic pada sesi itu. “Dilihat situasinya nanti, apakah hanya akan dilakukan selama jam kerja. Atau, dilaksanakan sampai malam hari dengan pertimbangan banyaknya jumlah calon pelamar yang menyerahkan berkasnya saat itu,” ulas Irianto.

Gubernur mengimbau agar calon pelamar untuk dapat melengkapi seluruh persyaratan sesuai arahan dalam pengumuman yang ada. Ini juga untuk memudahkan proses verifikasi berkas, dan lebih menghemat waktu. “Sebelum berkas diserahkan, mohon dicek ulang dan dicermati baik-baik isi pengumuman yang ada,” ungkap Irianto.

Upaya lain yang disiapkan BKD untuk efektivitas dan efisiensi layanan seleksi administrasi ini, adalah adanya layanan mengenai persoalan dokumen kependudukan. Untuk layanan ini, BKD akan bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Kaltara juga Kabupaten Bulungan. “Kami sudah surati pihak Disdukcapil. Harapannya, ada perwakilian dari Disdukcapi yang standby pada saat proses penyerahan berkas,” timpal Kepala BKD Kaltara Muhammad Ishak. Layanan ini sudah sesuai dengan mekanisme yang ada. Utamanya bagi peserta dari luar daerah, apabila memiliki kekeliruan atau masalah dengan dokumen kependudukannya, dapat memperbaiki dokumennya di Disdukcapil tempat dia mendaftar. Seperti kekeliruan legalisir KTP atau KK.

Terpisah, Kepala Disdukcapil Provinsi Kaltara Samuel Parrangan melalui Sekretarisnya, Sumaji mengatakan, siap mendukung proses penerimaan CPNS Kaltara tahun ini. “Untuk mengantisipasi terjadinya kesulitan bagi pelamar dari luar daerah apabila ada kekeliruan pada dokumen kependudukannya, kami telah meminta kepada Disdukcapil Bulungan untuk mem-back up kegiatan penerimaan CPNS di Kaltara dan Bulungan,” ujarnya.

Disarankan Sumaji, agar calon pelamar membawa berkas KK terbaru dan KK Lama untuk diverifikasi oleh panitia daerah. “Saran saya, kalau bisa KK yang baru, silakan dibawa aslinya. Kalau yang lama, bisa bawa fotocopy-nya saja sehingga tidak terjadi kekeliruan pada saat dilakukan verifikasi berkasnya,” urai Sumaji.

Saran lainnya, apabila calon pelamar kesulitan saat menginput NIK dan nomor KK pada portal Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), dapat meng-input NIK dan nomor KK lama. “Kami sudah berkoordinasi dengan pusat mengenai hal ini. Dan, solusinya kalau NIK dan nomor KK yang baru tidak dapat diinput maka gunakan dengan NIK dan KK yang lama,” tutupnya. (humas)

tags: , , ,

Related For Panitia Daerah Siapkan 50 Verifikator Berkas