wisata-kaltara

Panwaslu Tarakan Ajak Pemilih Pemula Awasi Pilkada Serentak

Saturday, November 18th 2017. | Headline, Tarakan

Tampak pelajar SMA maupun SMK mengikuti kegiatan sosialisasi Pengawasan Partisipasif Pemilih Pemula Dalam mensukseskan Pilkada Serentak, Sabtu (18/11)

Tarakan, MK – Untuk mensukseskan penyelenggaraan Pilkada di Bumi Paguntaka sebutan lain Kota Tarakan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) melakukan sosialisasi kepada ratusan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat pagi tadi di Hotel Galaxi, Jalan Yos Sudarso.

Kegiatan dengan tema Pengawasan Partisipasif Pemilih Pemula Dalam Mensukseskan Pilkada Serentak 2018 dan Pileg 2019 bertujuan mengajak kepada pemilih pemula khsusunya pelajar agar ikut berperan aktif, tidak hanya memberi suaranya tetapi aktif mengkampanyekan tahapan-tahapan Pilkada.

“Misalnya aktif mengawasi penanganan pelanggaran, aktif melihat situasi-situasi politik di masyarakat. Kita panggil mereka, kita ajak mereka. Kita mengundang hampir seluruh sekolah yang ada di Tarakan beserta gurunya sebagai pendamping,” ujar Sulaeman, Ketua Panwaslu Tarakan kepada Metro Kaltara, Sabtu (18/11)

Ia menuturkan selama ini dikalangan pelajar masih ada yang belum mengetahui tentang fungsi dari Panwaslu itu sendiri. Sehingga dengan kegiatan tersebut, mereka dapat mengetahui bahwa didalam proses penyelenggaraan Pilkada, Panwaslu hadir sebagai pengawas.

 “Apa yang menjadi tugas kami, kewenangan, kewajiban serta peran kami, juga disampaikan kepada pelajar,” tuturnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Sule ini mengungkapkan selain memberi pemahaman tentang fungsi Panwaslu, para pelajar serta seluruh stakeholder akan dilibatkan dalam mengawasi penyelenggaraan Pilkada di Tarakan.

“Kita sudah merancang strateginya dengan melibatkan mereka sebagai gerakan seribu relawan. Kita undang mereka dalam acara apel akbar, nah isinya ada pelajar, ASN ada TNI, Polri, yang terlibat dalam gerakan seribu relawan,” ungkapnya

“Tugasnya sama, cuman yang membedakan dengan kita itu adalah mereka tidak bisa memutus perkara. Tetapi jika mereka melihat ada potensi penyelenggara masuk angin, dia laporkan, termasuk semua stakeholder, memang kita laksanakan tahun depan sebelum pilkada, mungkin setelah kampanye,” terangnyya.

Ia berharap dengan keegiatan ini, para pelajar yang berjumlah 100 orang bisa berperan aktif mengkampanyekaan proses-proses penyelenggara pemilu kepada masyarakat untuk bisa memilih pemimpin yan baik dan cerdas “Jadi mereka juga aktif mengawasi proses perkembangan masyarakat itu juga,” harapnya. (ars)

tags: , ,

Related For Panwaslu Tarakan Ajak Pemilih Pemula Awasi Pilkada Serentak