wisata-kaltara

Parah, Tiga TNI AD Selundupkan 2,6 Ton Gula Thailand

Sunday, June 5th 2016. | Headline, Hukum & Kriminal
Bagasi belakang mobil Xenia KB 1477 HN yang dikendarai oknum TNI AD memuat gula asal Thailand tanpa dokumen.

Bagasi belakang mobil Xenia KB 1477 HN yang dikendarai oknum TNI AD memuat gula asal Thailand tanpa dokumen.

Kalbar, MK – Tiga oknum TNI AD diduga selundupkan 2,6 ton gula pasir Thailand, 15 kotak ikan tuna, dan bakso ikan 10 kotak dari Malaysia, di Tayan Hulu, Jumat (3/6) sekitar pukul 23:30 WIB.

“Saat itu mobil Innova KB 1850 LA dan Xenia KB 1477 HN terjaring razia di depan Mapolsek Tayan Hulu dan ditemukan barang dari Malaysia tanpa dokumen berupa gula, ikan tuna dan bakso,” tutur Kepala Subbidang Humas Polda Kalimantan Barat Ajun Komisaris Polisi Cucu Safiudin, Sabtu (4/6) siang.

Di dalam mobil itu ditemukan gula merk Mltr Kasetr Industry Co Ltd White Sugar Product of Thailand sebanyak 40 karung dengan berat masing-masing 50 kilogram. Sedangkan mobil Xenia KB 1477 HN didapati memuat gula dengan merk yang sama sebanyak 12 karung dengan berat masing-masing 50 kilogram, ikan tuna sebanyak 15 kotak, bakso ikan sebanyak 10 kotak.

“Adapun ketiga tersangka  berinisial Is, Rj, dan Iw yang berdomisili di Ngabang. Dan tersangka diserahkan penanganan kasusnya kepada Subdenpom Sanggau. Kejadian seperti ini sudah pernah terjadi sebelumnya dan ditangani melalui kerja sama dengan Subdenpom dan kasusnya sampai ke Oditur Militer,” jelasnya.

Secara terpisah, Kepala Penerangan Kodam XII Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti membenarkan adanya kejadian tersebut. Ketiga oknum anggota TNI tersebut akan ditangani oleh POM Kodam. “Ini oknum anggota yang tidak disiplin dan sesuai jalur hukum yang berlaku akan dilanjutkan proses hukum oleh POM,” tegasnya.

Meski demikian, ia akan tetap mengutamakan azas praduga tak bersalah dan masalah ini tetap diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. “Kodam tidak memberikan toleransi kepada anggotanya yang melakukan pelanggaran sekecil apa pun,” tutur Tri. (Lyn/MMK*1)

 

tags: ,

Related For Parah, Tiga TNI AD Selundupkan 2,6 Ton Gula Thailand