wisata-kaltara
Gambar-Gif

Parkir Sembarangan, Kendaraan Siap Digembok

Friday, December 4th 2015. | Headline, Tarakan

­­­­­­­Dishub Akan Lakukan Revisi Perda Perparkiran

Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) lakukan gembok ban bagi kendaraan yang parkir di sembarang tempat.

Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) lakukan gembok ban bagi kendaraan yang parkir di sembarang tempat.

Tarakan, MK – Banyaknya kendaraan roda dua maupun roda empat parkir di sembarang tempat membuat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tarakan geram dan akan memberikan sanksi gembok ban atau diderek.

Kepala Dishub Kota Tarakan Suparlan mengatakan agar dapat memberikan efek jerah maka diperlukan sanksi tegas. Oleh karena itu pihaknya akan merevisi dua Perda yakni Nomor 01 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Umum dan Nomor 16 Tahun 2004 Tentang Penyelenggaraan Parkir.

“Saat ini masih dilakukukan pengkajian terhadap kedua Perda yang direvisi. Setelah itu diajukan ke walikota dan DPRD Tarakan untuk kemudian dilakukan pembahasan dan barulah disahkan,” ujarnya kepada Metro Kaltara.

Dalam melakukan revisi kedua perda tersebut, Dishub Tarakan akan menggait Mahasiswa dari Universitas Brawijaya, Malang. Akademisi akan melakukan tinjauan langsung ke Tarakan guna melihat langsung kondisi di lapangan.

“Beberapa waktu lalu ada tinjauan secara akademis oleh mahasiswa Universitas Brawijaya Malang terhadap kondisi perparkiran di Tarakan. Hasilnya memang perlu ada spot khusus parkir,” jelasnya.

Menurut Suparlan, untuk saat ini spot parkir di Tarakan dianggap tidak representatif menampung kendaraan roda dua maupun roda empat yang setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Salah satu poin dalam Perda yang bakal direvisi adalah memberikan sanksi tegas kepada pemilik kendaraan roda dua dan roda empat yang parkir di sembarang tempat. Hal ini diharapkan dapat memberikan efek jerah kepada masyarakat agar tidak memarkirkan kendaraannya di sembarang tempat sehingga tak menggangu pengguna jalan lain.

“Sanksi tegasnya akan kita terapkan, dengan menggembok ban serta menyiapkan mobil Derek untuk memindahkan mobil yang parkir di luar spot. Untuk saat ini sanksi tersebut sudah pernah kita lakukan namun masih diberi toleransi kepada pemilik kendaraan dan setelah perda lama sudah selesai direvisi maka tidak ada ampun lagi,” tegas Suparlan. (man15/sti)

tags: ,

Related For Parkir Sembarangan, Kendaraan Siap Digembok