wisata-kaltara

Pasar Perbatasan Liem Hie Djung Segera Difungsikan

Mon, July 23rd 2018. | Advertorial, Artikel, Ekonomi & Bisnis, Nunukan

Nunukan, MK – Pasar Perbatasan Liem Hie Djung yang berlokasi di Pasar Yamaker Kelurahan Nunukan Barat Kecamatan Nunukan akan segera difungsikan, sebelum difungsikan, terlebih dahulu dilaksanakan acara syukuran yang dihadiri Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE, MM. Pasar tersebut merupakan impian dari masyarakat yang mendambakan hadirnya pasar bersih dan nyaman dan keinginan masyarakat akan segera terwujud.

Hadirnya pasar tersebut, berkat upaya dari Pemerintah Daerah melalui Kementrian Perdagangan RI yang telah menggelontorkan dana sebesar Rp. 5,6 miliar. Pembangunan pasar modern ini terdiri dari 35 petak berupa kios, 198 petak berupa los, dan sarana pendukung seperti mushola, cold storage, tempat pembuangan sampah, ruang khusus menyusui, toilet dan ruang untuk pengelola.

Sementara sumber dana untuk pembangunan berasal dari Dana Tugas Pembantu (TP) APBN 2017 dalam Program Revitalisasi Pasar Rakyat, revitalisasi pasar rakyat di laksanakan guna meningkatkan pendapatan para pedagang dan pelaku-pelaku ekonomi yang ada di masyarakat serta untuk memudahkan akses transaksi dengan nyaman.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Nunukan Ir. Jabbar, M.Si, mengatakan melalui terobosan ini pemerintah mewujudkan visi Kabupaten Nunukan sebagai pusat pertumbuhan agrobisnis menuju masyarakat yang maju aman adil dan sejahtera dengan berharap manfaat revitalisasi dapat langsung di rasakan oleh masyarakat luas, terutama mendukung basis ekonomi daerah.

“Kami berharap keberadaan dari pasar rakyat, bisa menjadi salah satu wadah pendorong dan penggerak majunya ekonomi bagi masyarakat,” ungkap Bung Jabbar yang juga pernah menjabat sebagai Ketum DPD KNPI Kabupaten Nunukan.

Ditambahnya, pemenuhan kebutuhan masyarakat baik sarana prasarana perdagangan, tentu masih sangat kekurangan, tetapi tidak serta merta menghentikan usaha dari Pemerintah Daerah khususnya pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Bupati Nunukan juga membenarkan bahwa pasar ini merupakan salah satu bentuk revitalisasi pasar yang bertujuan ingin membina dan menata pasar-pasar yang ada di Nunukan menjadi pasar modern.

“Kita ingin pasar yang ada di daerah kita ini bisa lebih teratur daripada sebelum-sebelumnya. jadi pasar – pasar yang ada di luar, nantinya apabila memungkinkan kita akan tarik masuk kesini,” tuturnya.

Mengenai sarana prasaranya, Laura meminta Dinas Pekerjaan Umum untuk menganggarkan secara perlahan, seperti halaman dan pendukung lainnya segera di lengkapinya.
Lebih lanjut, Ibu dari tiga anak ini mengatakan kalau halaman pasar ini nantinya tidak boleh di tempati jualan, karena menurutnya nantinya akan kembali kumuh, pasar ini sudah Standar Nasional Indonesia (SNI) jadi tidak boleh semerawut lagi.

“Ini harus bersih, tidak boleh lagi terlihat kumuh, dan para penjual sudah sepakat juga untuk menjual didalam bangunan pasar yang sudah di siapkan,” tegas Laura.(Ilo/Protokol)

tags: ,

Related For Pasar Perbatasan Liem Hie Djung Segera Difungsikan