PDIP Ingin Pimpinan MPR Dipilih Aklamasi

Selasa, Juli 23rd 2019. | Politik

Jakarta: Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira berharap hanya ada satu paket dalam pemilihan pimpinan MPR periode 2019-2024. Sehingga, keputusan pimpinan MPR bisa diambil secara aklamasi.

Ilustrasi

“Saya kira lebih baik kalau ke depan itu di MPR keputusan yang diambil itu aklamasi,” kata Andreas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 23 Juli 2019.

Menurut Andreas, aklamasi pemilihan pimpinan dapat membuat MPR semakin solid. Sehingga, MPR bisa bekerja maksimal.

“Karena ada beberapa agenda besar yang perlu kita dorong,” kata politikus PDIP itu.

Andreas mengatakan aspek musyawarah harus diutamakan. Andreas menilai nuansa kebangsaan lebih kental di MPR dibanding DPR yang lebih kental nuansa politik.

“Kalau di MPR itu nuansa kebangsaannya yang harus kita pertahankan, di situ musyawarah mufakaat, saya kira lebih tepat kalau itu menjadi prioritas,” ujarnya.

Namun, Ia belum memerinci maksud satu paket pimpinan itu berasal dari koalisi pemerintah atau dicampur dengan partai nonkoalisi. Hingga kini belum ada kesepakatan politik terkait paket pimpinan MPR periode mendatang.

Merujuk Pasal 427 C Undang-undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3), mekanisme pimpinan MPR dipilih dalam sistem paket. Fraksi-fraksi partai politik di Senayan berkompromi menentukan siapa yang akan diusung menjadi calon ketua dan empat pimpinan.

Sisem paket ini terdiri dari empat perwakilan DPR, satu DPD. Setelah itu, seluruh anggota MPR menggelar sidang menentukan paket mana yang dipilih sebagai pimpinan. (medcom)

tags: ,

Related For PDIP Ingin Pimpinan MPR Dipilih Aklamasi