Pemerintah Distribusikan 2 Juta Ekor Nener

Selasa, Oktober 22nd 2019. | Advertorial, Tanjung Selor

Kepalaa Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kaltara Amir Bakry

TANJUNG SELOR, MK – Pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaltara kembali menyalurkan bantuan bibit ikan bandeng (nener). Kali ini bantuan 2 juta ekor nener dilakukan di Kota Tarakan.

Kepala DKP Kaltara, Amir Bakry mengungkapkan, distribusi nener dilakukan sebanyak 3 tahap yang dilakukan per 2 minggu. Pada tahap pertama yang dimulai pada bulan Oktober sebanyak 700 ekor nener. Sedangkan tahap selanjutnya sebanyak 300 ekor nener dan tahapan terakhir sisanya yang berjumlah 1 juta nener.

Untuk diketahui 2 juta nener ini berasal dari Pulau Bali, sehingga terbagi 3 tahap. Dalam pendistrbusian nanti DKP Kaltara akan dibantu oleh DKP Tarakan yang akan diberikan pada Asosiasi Pembudidaya Tambak provinsi Kalimantan Utara sesuai dengan surat keputusan yang diterbitkan.

Amir mengatakan, bantuan ini ditujukan untuk mendorong peningkatan usaha perikanan sekaligus meningkatkan motivasi nelayan untuk meraih pendapatan yang lebih baik. “Tujuan lainnya, adalah mendorong penguatan usaha perikanan di Kaltara serta meningkatkan kesejahteraan nelayan tangkap dan budidaya di Kaltara,”jelasnya.

Dengan bantuan ini, diharapkan kebutuhan bibit ikan bandeng yang semula hanya 25 – 40 persen dapat naik dan terpenuhi. Begitupun dengan harga yang bisa ditekan sehingga bisa lebih murah.

Selain bantuan nener, Pemprov Kaltara juga membentuk indukan udang windu untuk nelayan di Tarakan yang berjumlah 400 ekor, sehingga kebutuhan masyarakat akan udang dapat terpenuhi.

Harapannya agar mampu bermanfaat untuk menunjang kegiatan nelayan dalam mengembangkan usahanya, baik tangkap maupun budidaya perikanan. (humas)

tags: ,

Related For Pemerintah Distribusikan 2 Juta Ekor Nener