Pemerintahan Desa Harus Berjalan Baik

Kamis, April 11th 2019. | Malinau

MALINAU, MK – Masyarakat Desa Batu Lidung khususnya dan pada umumnya masyarakat bumi intimung agar tidak begitu apatis atau tidak peduli terhadap pemerintahan atau penyelenggaraan pemerintahan yang ada. Namun, harus mendukung dan mendorong jalannya roda pemerintahan tersebut.

Hal demikian diungkapkan, Bupati Malinau Yansen TP dalam arahannya saat melantik Kepala Desa Batu Lidung, Yapang Sangkar di gedung balai pertemuan desa, Rabu (10/4) pagi.

Menurut Yansen, aktifitas pemerintahan di desa harus berjalan dengan baik. Apalagi, adanya sebuah pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa tersebut. “Artinya ketika ada itikad yang baik dalam membangun, tentu itu sudah terjadi sebuah gerakan desa membangun bersama,” ungkapnya.

Lebih lanjut Yansen menjelaskan, tujuan dari Gerdema adalah masyarakat yang membangun melalui sebuah proses dari pemerintahan desa tersebut.

“Artinya bagaimana harapan masyarakat desa hingga sekarang itu terpenuhi yang berdasarkan dari proses musyarawah RT, musyawarah desa,” katanya.

Bahkan dari musrenbang tersebut, kata Yansen, menjadi sebuah program kinerja yang dituangkan dalam APBDes.

“Adanya legitimasi itu, yang harus ditaati dan dijalankan mulai dari Kepala Desa dan perangkatnya serta masyarakat,” jelasnya.

Sambung Yansen, pemerintah daerah bertekad selama ini bagaimana pemerintahan itu bekerja untuk rakyat. Oleh sebab itu, tahun demi tahun ada target yang ditetapkan untuk menjadi konsentrasi bersama.

“Artinya menjadi perhatian dan tekad bersama. Bagaimana kekuatan di desa itu menyatu menyelenggarakan pemerintahan dengan baik untuk rakyatnya. Jadi ini harapan semua tidak terkecuali Desa dan aparatur desa, RT, aparatur hukum hingga tingkat OPD. Namun harus menyatu membangun Malinau,” tegasnya.

Dengan harapan, melalui Gerdema tersebut diharapkan dari seluruh element yang ada di perangkat desa seperti PKK, BPD, Karang Taruna dan sebagainya dapat menyatu. Karena perangkat itu adalah kekuatan desa.

“Jadi kalau cerdas dan peduli tentu bisa dijalankan. Saya yakin dan percaya tidak ada masalah dan tidak ada yang berat dalam menjalankan pemerintahan itu. bahkan semuanya sudah berpikir optimis dan semangat yang baik,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pada tahun lalu pihaknya sudah menargetkan bagaimana pemerintahan desa memampukan pemerintah desa menjalankan untuk rakyat.

“Arti memampukan itu bagaimana memberi penguatan dan kecakapan serta kesadaran bagi perangkat desa dalam menyusun perencanaan, keputusan serta memang keuangan yang harus dikelola dengan baik. Meski sekecil apapun anggarannya harus menjadi satu kekuatan untuk dikelola,” jelasnya.

Yansen juga menilai, selama ini gerdema yang dilaksanakan oleh pemerintah desa sudah sebagian besar mampu menjalankan pemerintahan dengan baik.

“Dalam pengertian pada tingkat yang telah dimaksimalkan oleh desa. Walaupun ada kekurangan namun tetap diupayakan karena itu hal yang lumrah,” katanya.

Dengan demikian, diakuinya, masyarakat saat ini sudah mampu dan memahami dalam sistem pemerintahan desa tersebut. Bahkan, dalam setiap penyusunan RPJMD, APBDes dan lainnya sudah memiliki respon yang baik.

“Bahkan juga sudah memiliki tanggungjawab yang baik. Artinya gerakan desa membangun itu sudah terwujud dan terjadi saat ini,” pungkasnya. (Hms)

tags: ,

Related For Pemerintahan Desa Harus Berjalan Baik