Pemindahan Ibu Kota Segera Dikonsultasikan ke DPR

Rabu, Mei 1st 2019. | Headline, Nasional

Jakarta: Pemerintah segera membahas rencana pemindahan Ibu Kota Negara bersama legislatif. Rencana pemindahan ibu kota juga perlu dikonsultasikan ke sejumlah pihak.

Foto: Rapat Terbatas

“Nanti juga kita akan konsultasikan ke DPR juga, ke tokoh-tokoh formal maupun informal, tokoh politik, tokoh masyarakat,” ujar Presiden Joko Widodo di Banten, Selasa, 30 Mei 2019.

Pembahasan diperlukan karena menyangkut visi ke depan memabngun ibu kota pemerintahan representatif. Rencana pemindahan ibu kota juga perlu dilindungi payung hukum. Sejumlah kajian terkait juga akan diintensifkan.

“Ya, nanti semua. Baik kajian hukum, kajian sosial, politik, semuanya kalau sudah matang nanti diputuskan, tapi ini tetap harus dikonsultasikan ke DPR,” kata dia.

Dalam rapat terbatas, Presiden Joko Widodo menolak dua pilihan pemindahan ibu kota ke wilayah lain di Pulau Jawa. Presiden ingin pemindahan dilakukan ke luar Pulau Jawa.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengusulkan tiga pilihan pemindahan Ibu Kota. Alternatif pertama dan kedua, dipindahkan ke wilayah lain di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Jokowi menilai pemindahan ke luar Pulau Jawa merupakan solusi paling sesuai saat ini. Hampir setengah penduduk Indonesia menetap di Pulau Jawa, sekitar 57 persen dari total populasi penduduk.

Rencana ini juga mendpat dukungan berbagai pihak. Salah satunya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto yang menyebut pemindahan harus mempertimbangkan arah masa depan Indonesia. Pada 2030, Indonesia diproyeksikan menjadi kekuatan perekonomian keempat di dunia.

Hasto meyakini pemindahan akan membantu pemerataan pembangunan. Wilayah yang menjadi pusat pemerintahan akan memiliki ruang hijau dan tata kota yang semakin asri.

Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali juga mendukung penuh wacana pemindahan Ibu Kota Negara. Kondisi Jakarta sebagai pusat bisnis dan pemerintahan dinilai tak ideal.

Sumber: medcom.id

tags: , ,

Related For Pemindahan Ibu Kota Segera Dikonsultasikan ke DPR