wisata-kaltara

Pemkab dan DPRD Sepakati KUPA, PPAS-P Tahun Anggaran 2018 dan KUA, PPAS Tahun Anggaran 2019.

Friday, August 10th 2018. | Malinau

Malinau, MK – Memasuki pertengahan triwulan ketiga tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Malinau dan DPRD Kabupaten mencapai kesepakatan bersama terkait Kebijakan Umum Perubahan APBD (KUPA), Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan (PPAS-P) Tahun Anggaran 2018 dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2019 dan Kebijakan Tahun Jamak (Multiyears).

Penandatanganan bersama antara dokumen anggaran daerah tersebut dilakukan oleh Bupati Malinau dan Ketua DPRD pada Jum’at (10/8) di Ruang Rapat Intulun Kantor Bupati Malinau dengan dihadiri oleh Anggota DPRD dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malinau.

Pada kesempatan menyampaikan arahan, Bupati Malijau menyebut bahwa pembahasan KUA PPAS baik untuk perubahan maupun murni pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun ada beberapa penekanan pada masing-masing tahapan.

“Pembahasan KUA PPAS baik perubahan maupun murni ini tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya. Hanya ada penekanan yang berbeda pada masing-masing tahapannya” ungkap Dr. Yansen TP, MSi dihadapan panitia anggaran.

“Kita harap bisa pahami bahwa kondisi global yang masih dalam masa pemulihan ekonomi. Tentu kita bersama-sama sudah mengetahuinya” ungkap Dr. Yansen TP.

Bupati Malinau juga memberikan penekanan khusus pada beberapa hal yang penting.

“Seluruh pemerintah daerah bersama KPK telah membuat komitmen beberapa waktu lalu bahwa pembahasan anggaran harus akuntabel dan benar-benar mencerminkan kebutuhan masyarakat” jelas Bupati Malinau.

Bupati juga menyampaikan penekanan terkait program prioritas daerah yang harus dilaksanakan di tengah situasi yang masih kurang menguntungkan.

“Pada situasi saat ini, kita masih dihadapkan pada sarana dan prasarana yang terbatas. Tentu itu tetap menjadi prioritas kita. Prioritas berikutnya adalah kita terus bersama menata desa dan juga upaya peningkatan SDM masih menjadi prioritas kita” ungkap Dr. Yansen TP.

Lebih lanjut Bupati juga menyebut pesan Presiden Jokowi yang mengarahkan agar pemerintah tidak perlu banyak program pada kondisi yang belum memungkinkan.

“Cukup beberapa program yang sangat prioritas. Tidak perlu banyak program tetapi pada akhirnya kita tidak bisa memenuhinya karena situasi dan kondisi anggaran kita. Memang tidak akan mudah bagi kita melaksanakan ini.
Kita prihatin tetapi tetap harus hati-hati dan bekerja keras” pungkas Bupati.

Pada pemaparan detil KUPA PPAS dan KUA PPAS, Kepala Bapeda Kabupaten Malinau Drs. Kristian, M.Si menjelaskan target pembangunan baik dari sisi makro ekonomi, pendapatan daerah dan belanja daerah.

“Dalam dokumen KUA PPAS ini kita targetkan pendapatan daerah tahun 2018 sebesar 1,22 T dan pengeluaran atau belanja juga sama Rp. 1,22 T. Jadi ini anggarannya balance. Untuk belanja tidak langsung kita perkirakan Rp. 834 milyar dan belanja langsung 393 milyar” ungkap Kristian.

Menanggapi paparan Kepala Bapeda, Ketua DPRD Kabupaten Malinau menyebutkan bahwa setelah DPRD menerima dokumen anggaran tersebut, DPRD secara marathon melakukan rapat internal.

“Kami secara internal telah melakuan rapat marathon setelah menerima dokumen ini” ungkap Wempi Mawa.

“Kami berharap ada konsistensi penganggran terhadap program prioritas seperti pendidikan, kesehatan, urusan pilihan prioritas dan 3 komitmen daerah” pungkas Ketua DPRD ini.(Diskominfo)

Related For Pemkab dan DPRD Sepakati KUPA, PPAS-P Tahun Anggaran 2018 dan KUA, PPAS Tahun Anggaran 2019.