Pemkot Tarakan Optimis PAD 2017 Meningkat

Rabu, Desember 21st 2016. | Headline, Tarakan

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DP2KA) Tarakan: Arbain, SE

Tarakan, MK – Meski Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk tahun 2016 belum 100% memenuhi target,  Pemkot Tarakan tetap optimis PAD untuk tahun depan dapat meningkat. Hal tersebut dilihat dari adanya kenaikan PAD untuk 2017 sebesar Rp 108 milliar dibandingkan dengan 2016 yang hanya sebesar Rp 92 milliar.

Disampaikan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DP2KA) Arbain bahwa pihaknya tetap berupaya memaksimalkan potensi-potensi pendapatan daerah khsusunya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Jadi kita berupaya bagaimana memaksimalkan potensi pendapatan daerah, yang lainnya kita memang sudah menargetkan ditahun 2017. Target 108 milliar untuk  2017, sebelumnya ditahun 2016 targetnya 92 milliar.” ujarnya kepada Metro Kaltara, Rabu (21/12)

“Jadi itu nanti kan kita laksanakan di 2017,  yang kita targetkan penerimaan PBB naik 100% sehingga nanti itulah yang mendongkrak PAD kitta berasal dari sector PBB dan lain-lain” ungkapnya

Ia mengaku kenaikan tersebut juga dipicu adanya pihak ketiga dalam hal ini Kejaksaan Negeri Tarakan yang ikut membantu DP2KA untuk menyelesaikan para wajib yang menunggak pembayarannya.

Disamping itu, pihaknya telah melakukan pengkajian Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang berdampak pada Biaya Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Terlepas dari  belum tercapainya target PAD pada tahun ini disebabkan masih banyak wajib pajak yang menunggak.

“Realisasinya masih sekitar 80%, kendalanya macam-macam biasa wajib pajak banyak  menunggak seperti pajak hotel, restorant hingga pemasangan reklame dan setiap tahun biasa begitu. Sesuai data kita Wajib Pajak yang masih menunggak  presentasinya sekitar 20% untuk tahun ini” tambahnya (ars)

.

tags:

Related For Pemkot Tarakan Optimis PAD 2017 Meningkat