wisata-kaltara

Pemprov Kaltara Luncurkan Program SMN

Monday, August 13th 2018. | Advertorial, Tanjung Selor

MENGENAL NUSANTARA : Pelepasan rombongan SMN Kaltara menuju DKI Jakarta oleh perwakilan Disdikbud Kaltara, baru-baru ini.

TANJUNG SELOR, MK – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan siswa tentang wawasan kebangsaan dan kebhinekaan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) melaksanakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) mulai tahun ini. Untuk kali perdana ini, ada 23 siswa se-Kaltara yang mengikuti program SMN. Terdiri dari 12 siswa SMA, 8 SMK dan 3 SLB. Termasuk 4 guru pendamping dan 1 dari Disdikbud Provinsi Kaltara.

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie menuturkan, 23 pelajar yang ditunjuk mengikuti program SMN tahun ini, destinasinya adalah ibukota negara, Jakarta. Sebelumnya, mereka telah menerima pembekalan pada 8 hingga 9 Agustus lalu. “Untuk tahun ini, kegiatan SMN terjadwal dengan Pemprov DKI Jakarta. Sebaliknya, kita juga menerima 28 orang dari DKI Jakarta terkait program serupa. Terdiri dari pelajar dan pendamping,” kata Gubernur.

Program SMN diimplementasikan dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada para pelajar di Kaltara mengenai kekayaan nusantara dari segi budaya, etnis, suku, agama maupun luas wilayahnya. Harapannya, akan tumbuh rasa cinta tanah air. “Pelajar yang terpilih untuk mengikuti program ini, didasarkan pada seleksi akademik yang dilakukan oleh Disdikbud dengan mempertimbangkan keterwakilan dari setiap kabupaten dan kota di Kaltara,” urai Irianto.

Selain akademik, Gubernur menegaskan bahwa program ini juga diprioritaskan bagi pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu. “Dampak yang diharapkan, adalah munculnya motivasi dari pelajar tersebut untuk dapat memperbaiki kondisi ekonomi keluarganya. Tentunya, diraih dengan belajar tekun dan gigih untuk meraih sukses,” papar Gubernur.

Program SMN ini,  berlangsung selama 10 hari. Mulai 9 hingga 19 Agustus mendatang. Dari informasi Disdikbud Kaltara, rombongan SMN Kaltara diterima langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Setelahnya, rombongan melanjutkan kunjungannya ke daerah lain sesuai jadwal yang ada. Sementara, kontingen DKI Jakarta, selain berkeliling di Tarakan, dijadwalkan juga untuk mengikuti Upacara Peringatan HUT RI ke-73 di Pulau Sebatik, Nunukan,

Sebagai informasi, pemberangkatan siswa ini, selain menggunakan APBD Kaltara juga disponsori oleh Kementerian BUMN, PT Pupuk Indonesia (Persero) dan PT Pupuk Kaltim. “Semoga kedepannya lebih banyak lagi instansi maupun perusahaan yang ikut berpartisipasi dalam mendukung program pendidikan di Kaltara,” tutup Irianto.(humas)

tags: ,

Related For Pemprov Kaltara Luncurkan Program SMN