wisata-kaltara

Pemprov Kaltara-Pemkab Bulungan Bentuk Tim Kecil

Wednesday, November 21st 2018. | Advertorial, Tanjung Selor

Kepala DPUPR- Perkim Kaltara: Suheriyatna

TANJUNG SELOR, MK – Setidaknya ada 12 program dan kegiatan strategis Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) di Kabupaten Bulungan yang diupayakan terealisasi dalam beberapa tahun kedepan. Salah satunya, pengelolaan Taman Kota Bunda Hayati, Tanjung Selor.

Dijelaskan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) Kaltara Suheriyatna, permohonan penghibahan lahan hutan kota tersebut oleh Pemprov Kaltara kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan akan segera terwujud. Kedua belah pihak pun sepakat membentuk tim kecil (ad hoc) untuk membuat kerangka perjanjian kerjasama (PKS) dan merevisi Memorandum of Understanding (Mou) yang telah dibuat sebelumnya dalam program insfrastruktur. “Pastinya, Pemprov terus mendorong agar penuntasan permasalahan status lahan pada Taman Kota Bunda Hayati dapat didukung oleh Pemkab Bulungan,” kata Suheriyatna.

Apabila status lahan sudah jelas, maka diharapkan taman kota ini dapat didanai pengembangannya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “Pemprov telah membuat masterplan dan DED (Detail Engineering Design) Hutan Kota Bunda Hayati,” tutur Suheriyatna.

Dalam perencanaannya, pengembangan hutan kota ini akan mengedepankan keunggulan dan ciri khas yang sudah ada. “Hutan Kota Bunda Hayati ini akan menjadi ikon Bulungan pada tingkat internasional. Dan, Pemprov tidak akan mengubah nama aslinya,” jelas Suheriyatna.

Salah satu jenis pengembangan itu, yakni penyediaan fasilitas untuk aktivitas pribadi para pengunjung hutan kota yang sifatnya ramah lingkungan. Didalamnya, juga ada taman pintar, pusat kuliner, theatre square, konservasi rusa, pedestrian bukit, taman koleksi tumbuhan, danau buatan dan lainnya.

Di samping itu, dalam rangka pembangunan infastruktur di wilayah Bulungan, Pemprov Kaltara bersama Pemkab Bulungan sepakat untuk membahas proses pinjam pakai aset dan hibah aset Kabupaten Bulungan kepada Pemprov Kaltara. Di antaranya, Lapangan Aghatis, lahan parkir kantor Dinas atau Badan Provinsi Kaltara, Kantor DPMD Kabupaten Bulungan, Kantor Inspektorat Kabupaten Bulungan, garasi Dinas Kebersihan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bulungan, Kantor PDAM Bulungan, Dinas Sosial atau Dinas Kehutanan Kabupaten Bulungan dan lainnya.(humas)

///

Program dan Kegiatan Strategis Pemprov Kaltara di Bulungan

  1. Pembangunan Kota Baru Mandiri Tanjung Selor
  2. Pembangunan RS Tipe B Tanjung Selor
  3. Pembangunan KIPI Tanah Kuning-Mangkupadi
  4. Pembangunan PLTA Kayan
  5. Pembangunan Gedung PIP2PB
  6. Pembangunan Gedung SKPD Pemprov Kaltara
  7. Pembangunan Taman Tepian Kaltara Abadi
  8. Perencanaan Taman Kota Bunda Hayati
  9. Permohonan Penghibahan Lahan Garasi Persampahan
  10. Permohonan Penghibahan Kantor BPMD Kabupaten Bulungan
  11. Permohonan Penghibahan Kantor Dinas Sosial/Dishut Kabupaten Bulungan
  12. Permohonan Penghibahan Lapangan Agathis

Sumber : DPUPR-Perkim Kaltara, 2018

tags: , , ,

Related For Pemprov Kaltara-Pemkab Bulungan Bentuk Tim Kecil