Pencegahan Stunting Disinkronkan Dengan RT Bersih

Sabtu, Juli 27th 2019. | Malinau

Foto: Humas

MALINAU – Guna pencegahan dan penurunan angka stunting di bumi intimung, Pemerintah Kabupaten Malinau menggelar Rembuk Stunting yang diselaraskan dengan program RT bersih diruang Laga Feratu Lantai III Kantor Bupati Malinau, Rabu (24/7).

“Diharapkan rembuk stunting ini dapat menghasilkan program yang bisa segera dilakukan langkah-langkah dalam pengurangan atau pencegahan stunting. Artinya pengurangan yang sudah dilakukan sebelumnya bagaimana ke depannya lagi bisa ditekan lagi,” ungkap Ernes.

Keterlibatan setiap OPD dalam pencegahan stunting ini, kata dia, agar peningkatan sumber daya manusia yang ada di Malinau dapat tersentuh. “Maka dari itu kita mulai dari aparat OPD terkait. Agar dapat memberikan pengetahuan yang tepat kepada masyarakat. Karena stunting bukan hanya pada asupan gizi saja melainkan pola hidup dan lingkungan serta ativitas masyarakat sehari-hari,” jelasnya.

Maka dari itu, sambung dia, dalam rembuk stunting melibatkan seluruh OPD yang terkait agar dapat melakukan penurunan dan pencegahan stunting tersebut dengan didampingi langsung oleh Pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi. “Diharapkan target kita adalah penurunan dan pencegahan stunting ini,” katanya.

Mengenai pelibatan program di RT bersih, Ernes menjelaskan, bahwa Rt bersih sudah lebih duluan melakukan kegiatan dan searah dengan pencegahan stunting tersebut. “Apalagi RT bersih ini kan ada bersih dan sehat. Nah kedua kata ini maknanya sangat luas,” jelasnya.

Apa yang menjadi hasil dari rembuk stunting ini nantinya dapat disampaikan di tengah masyarakat. “Sebenarnya di Malinau ini tidak susah. Terlebih lagi dengan adanya program RT bersih itu. Tinggal bagaimana cara kita mensinkronkannya saja,” tegasnya.

Dia juga berharap melalui dinas terkait khususnya dinas Kesehatan untuk dapat memaksimalkan perananannya di tengah masyarakat. “Dimana juga mereka memiliki puskesmas dan puskesmas pembantu di setiap wilayah.

Sehingga diharapkan ketersedian tenaga kesehatan itu dapat membantu dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Begitu juga dinas lainnya harus dapat melakukan usaha-usaha pencegahan,” ungkapnya. (hms/man).

tags: ,

Related For Pencegahan Stunting Disinkronkan Dengan RT Bersih