Penegak Hukum Didesak Mengungkap Pemodal Kerusuhan 22 Mei

Sabtu, Juni 1st 2019. | Headline, Hukum & Kriminal, Nasional, Politik

Jakarta: Aparat penegak hukum harus segera mengungkap dalang kerusuhan 22 Mei. Mereka yang membuat keamanan dan kenyamanan negara terganggu tak boleh diberi ruang.

Sekjen Seknas Jokowi, Dedy Mawardi

Apalagi, kerusuhan memakan korban jiwa. Kerusuhan juga ditunggangi kelompok yang dimodali pihak tak bertanggung jawab.

“Tidak ada tempat buat pelaku makar di republik ini,” tegas Sekjen Seknas Jokowi, Dedy Mawardi, melalui keterangan tertulis, Sabtu, 1 Juni 2019.

Hasil pemilu yang memicu demonstrasi berujung ricuh itu tak seharusnya dipersoalkan. Dedy menegaskan ucapan selamat kepada Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang terpilih sebagai pemimpin bangsa 2019-2024 bahkan disampaikan 60 negara.

Artinya, proses demokrasi di Indonesia diakui dunia. Rakyat Indonesia harus bangga karena banyak negara kagum dengan sistem demokrasi Indonesia.

“Bukan saja tingkat partisipasi yang besar, tetapi juga secara umum Pemilu 2019 berjalan baik, transparan, dan demokratis,” Beber dia.

Dedy mengingatkan kelompok yang mencoba mengingkari proses politik yang sudah berjalan baik menahan diri. Mereka tak boleh melakukan tindakan di luar koridor demokrasi dan konstitusi.

“Demokrasi itu kesepakatan kita sejak negara ini berdiri, mari kita hormati. Ketidakpuasan sah saja dan sudah diatur bagamana mekanisme solusinya. Memaksakan kehendak dapat dikategorikan sebagai tindakan makar,” tegas dia.

Kerusuhan 22 Mei pecah setelah perusuh menyusup pada demonstrasi di depan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Rusuh di kawasan Thamrin, Tanah Abang, hingga Petamburan itu memakan korban jiwa.

Ratusan perusuh ditangkap. Kasus melebar karena polisi menemukan senjata yang sengaja diselundupkan. Polisi juga masih mencari aktor intelektual yang mendanai perusuh. (medcom)

tags: ,

Related For Penegak Hukum Didesak Mengungkap Pemodal Kerusuhan 22 Mei