wisata-kaltara

Pengadilan Negeri Tarakan Akui Terima Uang

Thursday, October 20th 2016. | Headline, Hukum & Kriminal, Tarakan
img_8880

Melcky Johny Otoh SH, Humas Pengadilan Negeri Tarakan

Tarakan, MK – Adanya pernyataan dari Kuasa hukum Samsuri yakni Alex Chandra  yang mengatakan, Pengadilan telah menerima uang untuk melanjutkan persidangan  dalam kasus sengeketa lahan anatara Samsuri dengan Pertamina EP dibenarkan oleh Pihak pengadilan. Hanya saja uang tersebut merupakan biaya pendaftaran (adimintrasi) terhadap perkara yang diajukan oleh pihak Samsuri.

“Apa yang disetorkan oleh pihak Samsuri, itu adalah biaya yang disetorkan ke Negara. Bahkan satu sen pun itu tidak ada di Pengadilan ini, itu semua diserahkan ke Negara” tegas Melcky Johny Otoh SH, Humas Pengadilan Negeri Tarakan kepada Metro Kaltara, Kamis (20/10)

“Pembayaran itu adalah pembayaran biaya-biaya perkara yang nanti berjalan di Persidangan. Pembayarannya Hari Jumat 14/10 dengan nominal uang Rp 1.091.000, jadi memang ada biaya-biaya perkara yang ditaksir sesuai dengan radius pemanggilan para pihak” beber Budiharjo SH sebagai Panitera Muda Pengadilan Negeri Tarakan.

Lebih lanjut Budiharjo menjelaskan Pengadilan sendiri menerima laporan dari Pihak Samsuri karena pada dasarnya asas Pengadilan tidak boleh menolak pendaftaran gugatan maupun permohonan yang masuk.

“Kendati dikemudian ada kalah dan menang itu urusan di Majelis Hakimnya” tuturnya.

Menurutnya gugatan yang dilakukan oleh pihak Samsuri dalam upaya verzet, itu tidak diperbolehkan karena yang boleh melakukan verzet adalah pihak ketiga, sementara dalam gugatan tersebut adalah Pihak Samsuri juga. Oleh sebab itu eksekusi tetap dilakukan, namun persidangan tetap berjalan.

“Persidangan tetap dilakukan, misalnya apabila suatu saat dia menang sitermohon wajib lagi membayar berapa nilainya” tambahnya. (ars)

tags:

Related For Pengadilan Negeri Tarakan Akui Terima Uang