wisata-kaltara

Pengelola Perpustakaan Sekolah Berperan Wujudkan Indonesia Gemar Membaca

Monday, July 16th 2018. | Advertorial, Tarakan

INDONESIA GEMAR MEMBACA: Pelaksanaan Bimtek bagi para pengelola perpustakaan sekolah yang digelar di Tarakan beberapa hari lalu.

TARAKAN, MK – Sebagai upaya mewujudkan proram Indonesia Gemar Membaca yang terus digalakkan, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pengelola perpustakaan sekolah di setiap provinsi di Indonesia. Kalimantan Utara (Kaltara) menjadi provinsi ke-30 yang menyelenggarakan Bimtek tersebut.

Bekerjasama dengan Dinas perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltara, Perpusnas menggelar bimtek bagi pustakawan sekolah se-Kaltara di Tarakan, Kamis (12/06) lalu. Antusiasme peserta cukup baik. Hal ini dilihat dengan banyaknya peserta yang mengikutinya. Sebagai 115 peserta hadir, dari 120 yang diharapkan datang.

Bertempat di Aster Ballroom Swiss Belhotel Tarakan, bimtek yang pelaksanaannya berlangsung selama dua hari itu,  menekankan Pustakawan sekolah untuk dapat mendukung dan mensukseskan literasi sekolah dan literasi nasional.

Kepala Pusat Pengembangan Pustakawan Dra Opong Sumiyati yang bertindak sebagai salah satu narasumber mengatakan, para pengelola perpustakaan di sekolah adalah yang paling berpotensi mewujudkan Indonesia gemar membaca. “Dorong minat baca anak Indonesia dengan menyediakan apa yang mereka sukai, salah satunya ialah dengan literasi digital,” tuturnya.

Disampaikan, Bimtek kali ini akan mengedepankan praktik, karenanya Perpusnas datang bersama Pustakawan Ahli Madya Terpilih. Sehingga tidak hanya materi yang akan disampaikan, namun juga praktik. “Hasil yang diharapkan tentu peningkatan kualitas SDM pengelola perpustakaan sekolah di Kaltara,” kata Opong.

Sementara, mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltara, Kepala Bidang Deposit Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian Lewy Lawai, SSos MAp mengaku optimis, Kaltara mampu mendorong minat baca masyarakat dengan aplikasi i-kaltara yang telah diluncurkan pada tahun lalu. Dalam kesempatan itu, Lewi menghimbau agar peserta dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh -sungguh agar masyarakat Kaltara berbudaya baca dapat terwujud. (humas)

tags: , , ,

Related For Pengelola Perpustakaan Sekolah Berperan Wujudkan Indonesia Gemar Membaca