wisata-kaltara

Penyalahgunaan Jabatan, 2 PNS Tarakan Dipecat

Tuesday, February 28th 2017. | Headline, Tarakan

Kepala BKD Tarakan Budi Prayitno

DUA PNS Pemkot Tarakan diberhentikan secara tidak hormat oleh Walikota Tarakan Ir. Sofyan Raga. Pegawai yang berinisial A dan M tersebut diberhentikan lantaran penyalahgunaan jabatan atau wewenang sebagai  Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Budi Prayitno mengatakan sebenarnya pemberhentian sementara sudah dilakukan kepada kedua pegawai itu karena keduanya  sedang menjalani persidangan di pengadilan. “Yang masuk dalam kewenangan walikota kan dua orang berinisial A dan M. Dan sudah dalam tahap pemberhentian sementara dan hari ini kita tindak lanjuti dengan penyerahan surat keputusan,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Selasa (28/02).

Ia menjelaskan putusan dari pengadilan telah keluar maka Walikota Tarakan Ir. Sofian Raga punya wewenang memberhentikan secara tidak hormat. Ketika ditanya terakit kasus yang membelit kedua pegawai itu? Budi Prayitno engan memberberkannya. Ia hanya beralasan penyalagunaan wewenang Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aaparatur Sipil Negara.

“Keduanya melakukan penyalahgunaan jabatan  sebagai ASN yang sudah divonis inkrah oleh Pengadilan. Jadi kalau dia penyalahgunaan wewenang tidak ada lagi permohonan karena telah melanggar UU,” tegasnya

Setelah pemberhentian secara tidak terhormat telah berjalan selama 14 hari, A dan M diperbolehkan mengajukan banding administratif ke Badan Penilaian Kepegawaian (Bapek). “Karena pemberhentian secara tidak hormat karna tidak dapat uang pensiun. Tapi mereka masih punya hak untuk mengajukan banding adiminstratif ke Badan Kepegawaian Negara di Jakarta,” tuturnya. (Aras/MK*1)

 

tags: ,

Related For Penyalahgunaan Jabatan, 2 PNS Tarakan Dipecat