Penyelundupan 16,67 Kg Sabu Digagalkan Petugas

Monday, September 24th 2018. | Headline, Hukum & Kriminal, Tanjung Selor

PRESS RELEASE: Tampak Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit (tengah) didampingi Wakapolda Kaltara Kombes Pol Drs Zainal Arifin Paliwang (kanan) dan Dirresnarkoba Polda Kaltara Kombes Pol Adi Affandi saat melakukan press release 16,67 Kg Sabu di Mako Polres Bulungan, Senin (24/9)

TANJUNG SELOR, MK – Sebanyak  11.667,7 gram narkotika jenis sabu-sabu berhasil diamankan jajaran Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kaltara pada Minggu (16/9) sekira pukul 20.30 Wita. Barang haram tersebut diamankan dari tangan tersangka Sudianto dan Adi Napi alias Rilla Bin Arabina Napi di sebuah penginapan, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan.

“Ditangkap dua tersangka di penginapan Sebatik saudara Sudianto dan Adi Napi, itu membawa 11.667,7 gram sabu. Itu dipesan dari Tawau (Malaysia), jadi dua pesanan yang pertama 8 kg dan 4 kg. Tapi semua barang buktinya diamankan di Sebatik,” ujar Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit kepada Metro Kaltara, Senin (24/9)

Pria berpangkat satu bintang ini menuturkan setelah dilakukan pengembangan, personil Ditresnarkoba Polda Kaltara kembali berhasil mengamankan satu tersangka yang secara kebetulan satu pesawat personil yang saat itu akan berangkat ke Makassar untuk melakukan pengembangan kasus 12 kg sabu tersebut.

“Hasil pengembangan karena akan dikirim ke Makassar (Sul-Sel), maka anggota anggota berangkat ke Sulawesi Selatan, ya ini memang kebetulan aja anggota satu persawat dengan tersangkanya sampai di Bandara Sultan Hasanuddin saudara Wahid ditangkap di Bandara sama anggota,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, setelah dilakukan pengembangan, anggota Ditresnarkoba kembali menangkap dua tersangka bernama Awaluddin Bin Udindan Muhajir alias Ajir Bin Udin di sebuah hotel jalan Hasanuddin, Kota Pare-Pare pada Kamis (20/9) sekira pukul 16.30 Wita. Dihari yang sama anggota juga menangkap satu tersangka bernama Fachri Rahman di SPBU Pandreng Kelurahan Panca Ritang, Kabupaten Sidrap (Sul-Sel).

Tampak dua warga asing asal Filipina berinisial S dan W yang diamankan petugas atas dugaaan kepemilikan sabu 5 kg.

“Jadi keesokan harinya, Jumat (21/9) petugas lagi-lagi berhasil menangkap satu tersangka yang ada kaitannya dengan Sabu 12 kg yakni Andi Rico di jalan Poros Pinrang, Kelurahan  Passono, Kabupaten Sidrap. Jadi dari hasil pengembangan yang dilakukan ada 7 tersangka yang berhasil di tangkap” bebernya.

Kapolda menerangkan, selain sabu 12 kg pihaknya juga menerima pelimpahan sabu 5 kg dari Pasukan Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif Raider 613/Rja yang berhasil diungkap di Perairan Sei Taiwan, Sebatik, Kamis (13/9) sekira pukul 08.00 Wita. Adapun tersangkanya yakni dua warga asing Filipina berinisial S dan W.

“Para tersanka dijerat pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 aya 2 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman mati,” tegas Kapolda. (ars)

tags: , , ,

Related For Penyelundupan 16,67 Kg Sabu Digagalkan Petugas