Penyerahan LTSHE

Friday, August 24th 2018. | Advertorial, Malinau

Malinau, MK – Kepala Bapeda dan litbang Drs. Kristian, M.Si mewakili Bupati Malinau Dr.Yansen TP, M.Si menghadiri sekaligus memberikan sambutan serta melakukan penyerahan secara simbolis kepada sepuluh orang perwakilan masyarakat penerima lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) bertempat balai adat Desa Long Adiu Kecamatan Malinau Selatan Hilir Minggu (19/8).

Bupati Malinau Yansen TP dalam sambutan tertulisnya di bacakan Kepala Bapeda dan Litbang kristian menyampaikan program pemasangan lampu tenaga surya ini adalah program dari pemerintah pusat untuk memberikan akses kepada masyarakat di desa yang masih kekurangan atau belum pernah merasakan adanya akses energi listrik, program ini juga merupakan realisasi dari nawacita Jokowi-Jk khusunya nawacita ke-3 yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Dan hal ini juga sejalan dengan prinsip Kabupaten Malinau yaitu membangun dari desa melalui tiga program unggulan yakni RT Bersih, Wajib Belajar 16 Tahun dan Beras Daerah (RASDA),” ungkapnya.

Lanjutnya sesuai dengan data badan pusat statistik (BPS) saat ini sekitar 2.500 desa yang masih gelap gulita atau 256.114 rumah. Artinya kita belum menikmati berbagai kemudahan dengan adanya listrik dengan hadirnya bantuan lampu tenaga surya hemat energi ini diharapkan dapat membuka keterisoliran warga dari kebutuhan akan listrik, kita bersyukur, masih dalam suasana semangat kemerdekaan Negara hadir memberikan perhatian melalui bantuan ini.
Tak lupa ungkapan terimakasih kepada pemerintah pusat melalui Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), sehingga masyarakat Kabupaten Malinau yang berada di Desa Long Adiu dapat merasakan dampak positif dari adanya program ini,” ucapnya.

“Saya berpesan kepada seluruh warga penerima bantuan, agar benar-benar menjaga aset ini sehingga tetap terpelihara dengan baik, serta jangka penggunaanya juga bermanfaat lama bagi kehidupan sehari-hari khususnya anak-anak kita yang bersekolah agar ketika hendak belajar atau mengerjakan tugas -tugas sekolah pada malam hari tidak menemui kendala lagi, yang nantinya akan menjadi generasi penerus yang dapat kita banggakan dan semoga program dari pemerintah pusat ini akan terus berlanjut dan bersama-sama kita wujudkan pembangunan di desa-desa khusunya yang ada di Kabupaten Malinau,” harapnya.

Sementara itu sambutan Direktur perencanaan dan pembangunan infrastruktur (EBTKE) Noor Arifin Muhamad megatakan, pemberian lampu hemat energi ini untuk menerangi desa terpencil. Selain itu, ini dalam rangka wujudkan pemerataan dan keadilan energi bagi seluruh masyarakat Indonesia, “Program bantuan lampu tenaga surya hemat energi ini sudah berjalan 2 tahun sejak 2017 hingga 2018 untuk tahun 2018 ini bantuan LTSHE berjumlah 175.000 unit, seluruh Indonesia dan untuk Kabupaten Malinau mendapatkan bantuan sebanyak 275 unit untuk masyarakat desa long adiu dan desa punan adiu.” jelasnya.

Turud hadir dalam penyerahan LTSHE ini dr. Adi Yusnita dari komisi 7 DPRI RI, Sekcam Malinau Selatan Hilir, Kepala desa long adiu, tokoh adat, agama, wanita, pemuda, masyarakat dan undangan. (Hms)

Related For Penyerahan LTSHE