Gambar-Gif

Perhatian Khusus Bagi Komoditas Ekspor

Tuesday, December 9th 2014. | Advertorial, Ekonomi & Bisnis, Kaltara
- wisata-kaltara -

kunjungan mustika-

– Pj Gubernur Kunjungi PT Mustika Minanusa Aurora
Tarakan,metrokaltara.com– Penjabat Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie mengatakan Pemprov Kaltara akan memberikan perhatian khusus bagi komoditas ekspor yang berasal dari kabupaten/kota di Kaltara. Salah satunya produk kelautan dan perikanan seperti udang, kepiting dan ikan laut yang merupakan komoditas ekspor masa kini dan masa depan Kaltara.

“Kita akan memberikan perhatian khusus berupa pemberiaan fasilitasi dan bantuan bagi pengembangan komoditas ekspor agar semakin berkembang sehingga terjadi peningkatan volume ekspor ke negara tujuan,”ujar Irianto saat melakukan kunjungan ke perusahaan Cold Storage PT Mustika Minanusa Aurora (PT MMA) Tarakan beberapa waktu lalu.

Mendampingi kunjungan Sekdaprov Kaltara Drs H Badrun. Dalam kunjungan itu, Irianto melihat alur pengepakan udang beku mulai dari tempat penerimaan atau pembelian udang dan kepiting dari nelayan hingga prosesing dan pengemasan udang dan kepiting yang siap diekspor ke negara tujuan.

Pemberian perhatian, lanjut Irianto sangat penting. Karena disamping sudah terbukti banyak menyerap tenaga kerja juga sekaligus menjadi faktor pendorong untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan. PT MMA merupakan perusahaan lokal yang telah berhasil bermitra dengan importir dari Taiwan dan Jepang. Saat ini perusahaan yang berada di Jalan Gajah Mada, Tarakan ini telah mampu menyerap tenaga kerja langsung sekitar 1.500 orang. Karenanya Pemprov Kaltara dan Pemkot Tarakan serta Pemkab yang berada di Kaltara sebagai penyuplai bahan baku udang dan kepiting harus sinergi dan bekerjasama dalam menciptakan kondisi yang kondusif bagi berbagai kegiatan usaha yang berorientasi ekspor.

“Jika dunia usaha merasa aman dan nyaman berusaha maka salah satu dampak positif yang terjadi adalah memberikan kontribusi bagi devisa negara dan menciptakan ekonomi makro nasional dan daerah yang stabil,”ujarnya.

Ia mengatakan tantangan ke depan adalah bagaimana menjaga kuantitas produksi dan kualitas produknya agar dapat terus diserap oleh pasar ekspor ataupun regional dan domestik. Karena itu pihaknya akan meningkatkan pembinaan dan fasilitasi bantuan untuk pengembangan produksi kelautan dan perikanan di masa akan datang.

Sebab, lanjut Irianto potensi kelautan dan perikanan di Kaltara sangat besar untuk dikembangkan mulai dari hasil laut dan tambak berupa ikan, udang, budi daya rumput laut dan hasil laut lainnya. Komoditi udang dari Kaltara yang sudah terkenal bahkan sampai keluar negeri di kenal dengan nama udang Borneo atau Borneo Shrimp.

.
(Rz/hmsprov)

Related For Perhatian Khusus Bagi Komoditas Ekspor