Perkuat Keamanan Laut, Lantamal XIII Datangkan KAL BUNYU

Selasa, Desember 27th 2016. | Headline, Tarakan

Kapal Angkatan Laut (KAL) BUNYU saat bersandar di Dermaga Mamburungan

Tarakan, MK – Pangkalan Utama Ankatan Laut (Lantamal  XIII) Tarakan kembali menambah Armada dengan mendatangkan Kapal Angkatan Laut (KAL) BUNYU yang diproduksi PT. Tesco Indomaritim. Penamabahan dilakukan untuk memperkuat Patroli Keamanan Laut di wilayah kerja Lantamal XIII.

KAL Bunyu sendiri dilengkapi dengan persenjataan yang canggih seperti persenjataan caliber 20 yang berada didepan kapal. Kemudian bagian belakang dilengkapi persenjataan caliber 12,7 sehingga tidak heran jika anggaran untuk kapal tersebut mencapai Rp 30 milliar.

“Persenjataan ini digunakan untuk ancaman-ancaman permukaan laut, kalau kaliber 20 bisa menjangkau kurang lebih 2 kilo efektif,   maksimal bisa sampai 4 kilo” ujar Danlantamal XIII, Laksamana Pertama TNI Ferial Fahcroni kepada Metro Kaltara, Selasa (27/12)

Ia menambahkan selain persenjataan, KAL Bunyu juga meiliki sekoci yang dapat digunakan untuk patroli cepat dan sigap dalam memburu target. Kapal yang memuat 15 personil juga memiliki radar navigasi yang bisa mendeksi benda sejauh 2 mill

“Kecepatannya 28 not, paling tidak bisa menyergaplah 28 perampok-perampok kapal-kapal yang hampir sama besarnya. Kapal akan stanby di Mamburungan, tapi kalau operasi kita sebar kemanapun diperairan Kalimantan Utara” ungkapnya

Dengan bersandarnya KAL Bunyu di Demaga Mamburungan, setidaknya Lantamal XIII telah memiliki 10 Kapal, delapan diantaranya adalah Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) sedangkan dua lainnya adalah KAL Bunyu dan Kal Mamburungan.

“Bisa dikatakan ini adalah KAL terbesar, kondisi baru, amunisi baru, pengawalnya juga masih semangat. Saya berharap dengan kehadiran KAL Bunyu dapat mendukung tugas pokok Lantamal utamanya di wilayah kerja Lantamal XIII khususnya di Tarakan” harapnya (ars)

 

tags: , ,

Related For Perkuat Keamanan Laut, Lantamal XIII Datangkan KAL BUNYU