wisata-kaltara

Pesta Rakyat 2018 Untuk Masyarakat Kaltara

Thursday, June 21st 2018. | Ekonomi & Bisnis, Headline, Kaltara, Olahraga, Tarakan

TARAKAN, MK – Masyarakat Kalimantan Utara (Kaltara) akan mengukir sejarah pada Sabtu (7/7) mendatang karena event Pesta Rakyat 2018 yang pertama kali dilaksanakan di Kaltara dan digadang-gadang akan mendapatkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk Spanduk terpanjang dan parade speadboat terbesar se-Indonesia.

Ketua Panitia Pelaksana, Wakapolda Kaltara, Kombes Pol. Drs. Zainal A. Paliwang, SH. M.Hum., menjelaskan, melihat antusiasme dan respon yang tinggi dari masyarakat terhadap event raceboat yang dilaksanakan pada Minggu (13/5) lalu, maka Kapolda Kaltara, Brigjen Pol. Drs. Indrajit, SH. Kemudian menggagas event yang diberi nama Pesta Rakyat 2018 tersebut.

“Begitu semarak dan begitu tinggi antusiasme masyarakat, sehingga Kapolda punya ide dan menyampaikan kepada kami untuk melakukan kegiatan pesta rakyat ini,” tuturnya.

Zainal juga mengatakan, kegiatan yang rencananya akan melibatkan ratusan speeadboad ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kebersamaan dan menjalin silaturahmi antara POLRI dengan masyarakat.

“Selain meningkatkan sektor pariwisata daerah Kaltara, serta menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan dan kekeluargaan warga yang ada di Kaltara,” jelasnya.

Zainal melanjutkan, konsep awal dilaksanakannya pesta rakyat tersebut adalah dari rakyat dan untuk rakyat. Dari gagasan tersebut kemudian ditindaklanjuti untuk melakukan persiapan-persiapan dalam rangka untuk menyukseskannya.

“Dari kegiatan ini kami harapkan seratus persen merupakan partisipasi dari masyarakat. Mudah-mudahan apa yang direncanakan ini dapat menjadi sarana hiburan bagi masyarakat dan nantinya target rekor MURI juga dapat terwujud,” imbuh Zainal.

Zainal mengungkapkan, pelaksanaan Pesta Rakyat 2018 tersebut dilaksanakan untuk memperingati tiga even besar, yakni hari ulang tahun bhayangkara ke-72, kemudian HUT RI yang ke-73 dan menyukseskan Asian Games yang ke-18.

“Pelaksanaan kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2018 mendatang. Adapun tujuan utamanya adalah untuk menjalin kerjasama dan kekompakan di antara seluruh elemen masyarakat Kaltara. Selain itu juga ikut berpartisipasi dalam menyukseskan Asian Games 2018 yang diadakan di Indonesia (Jakarta dan Palembang),” tegasnya.

Zainal berharap agar seluruh masyarakat Kaltara berpartisipasi dalam kegiatan ini. Meskipun kegiatan ini dilaksanakan di Kota Tarakan, namun ia berharap agar seluruh Kabupaten lainnya yang ada di Kaltara turut berpartisipasi.

“Kami juga berharap kegiatan ini minimal bertaraf nasional dan bahkan dapat menajadi internasional. InsyaAllah jika persiapan kita bagus, dan kemudian jika memang memungkinkan maka nantinya Kapolda akan mengundang langsung Kapolri untuk hadir dalam kegiatan ini,” harapnya.(panpel)

tags: ,

Related For Pesta Rakyat 2018 Untuk Masyarakat Kaltara