wisata-kaltara

Petamina EP Tarakan Serahkan Gerobak Sampah

Tuesday, April 11th 2017. | Headline, Tarakan

Manager Petamina EP Asset 5 Tarakan Adhi Herusakti (kiri) serahkan dua unit gerobak sampah kepada lurah kampung enam (kanan)

Tarakan, MK – Pertamina EP Asset 5 Tarakan serahkan dua unit gerobak sampah kepada Pemkot Tarakan, peneyerahan tersebut sebagai bentuk partisipasi dan dukungan Pertamina EP terhadap program sampah semesta dalam mewujudkan Tarakan bersih, sehat dan nyaman.

Selain itu, Pertamina EP juga membuat program Energi Baru Terbarukan (Enbarter) yang menggabungkan beberapa komponen diantaranya Bio Diesel, Bio Etanol, Bio Massa, dan dan Bio gas, kemudian menghasilkan minyak Jelata  yang bisa dimamfaatkan pada mesin diesel.

“Kita memberi bantuan paling tidak mensupportlah, artinya bantuan yang bisa memberdayakan masyarakat. Jadi kita usahakan memberi pelatihan, fasilitasi, dan juga anggarannya,”  ujar Adhi Herusakti, Manager Pertamina EP Asset 5 kepada Metro Kaltara, Selasa (11/04)

Dikatakannya, program Enbarter akan terus dikembangkan Pertamina melalui pelatihan dan fasilitas tersebut. Sehingga kedepannya bisa mandiri dan ditularkan ke masyarakat lain.  “Untuk sehari bisa menghasilkan 200 hingga 400 liter, kalau ini bisa sukses maka dengan mudah akan tertular ke masyarakat lain” katanya

Walikota Tarakan saat meninjau alat pembuatan minyak Jelata bersama Pertamina EP

Sementara itu Walikota Tarakan Ir. Sofyan Raga mengaku optimis program Enbarter dari Pertamina EP bisa menjadi daya tarik masyarakat. Asalkan masyarakat ikut berperan serta dalam mengembangkan program Enbarter, terlebih lagi bahan bakunya diambil dari sampah.

“Ini bisa menjadi industri, sekarang kan sudah berhasil tinggal membesarkan vulome. Kalau volumenya banyak ini bisa kilang dan sangat komersil” tambahnya (ars)

tags: ,

Related For Petamina EP Tarakan Serahkan Gerobak Sampah