wisata-kaltara

Petugas Amankan 1 Ton Kepiting Bertelur Tujuan Malaysia

Tuesday, November 1st 2016. | Headline, Tarakan

 

fullsizerender

Pelepasan kepiting dilakukan dengan membuang langsung ke laut lantaran banyak yang mati

Tarakan, MK – Sebanyak 46 Koli atau kurang lebih 1 Ton kepiting bertelur berhasil diamankan dan dikembalikan ke habitatnya  oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bersama dengan Kantor Kesyahbandaran Otoritas dan Pelabuhan (KSOP)  dan BKIPM Tarakan.  Penangkapan tersebut terjadi pada Senin 31/10 sekitar pukul 02.00 Wita dini hari di daerah Sungai belakang Bandara Juwata Tarakan.

Bermula saat Petugas KSOP melakukan Patroli  disekitar Perairan Tarakan, tiba-tiba keluar Speed Boat dari Sungai kecil menuju ke Juwata dengan kecepatan tinggi yang diduga Speed tersebut memuat Kepiting ilegal yang akan dibawah ke Tawau, Malaysia untuk dijual.

Selanjutnya petugas berusaha mendekati Speed tersebut namun tidak diindahkan sehingga Petugas memberikan peringatan.  Tidak lama kemudian petugas akhirnya berhasil mencegah Speed dan melakukan pemeriksaan.

Alhasil petugas menemukan 46 koli kepiting, kemudian diatas speed tersebut petugas tidak menemukan dokumen resmi dari speed tersebut sehingga petugas mengamankan dan menyerahkan ke Dinas Kelautan dan Perikanan

“Pada hari Senin pukul 02.00 Wita dini hari dilakukan penangkapan satu Speed Boat yang diduga pada waktu itu akan menyelundupkan kepiting terlarang. Posisi penangkapan di daerah Juwata tepatnya diperairan Bandara” ujar Syahruddin, Komandan Patroli KSOP Tarakan, kepada Metro Kaltara, Selasa (01/11)

Untuk Speed Boat sendiri saat ini berada di Kantor KSOP untuk dilakukan pemeriksaan bersama dengan Pemilik Speed Boat. Pelaku terancam hukuman minimal 6 tahun penjara dan denda Rp 1,5 Millar. Sedangkan untuk Kepiting sendiri telah dikembalikan kehabitatnya namun banyak yang sudah mati akibat terlalu lama didalam Peti (Gabus).

“Karena melanggar Pasal 92 Junto Pasal 26 Undang-Undang Perikanan maka dikenakan sanksi kurungan paling tinggi 6 tahun dan denda paling besar Rp 1,5 Milliar” ucap Syayadin, Kasi Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (ars)

 

tags:

Related For Petugas Amankan 1 Ton Kepiting Bertelur Tujuan Malaysia