wisata-kaltara
Gambar-Gif

Polda Kaltara Ditargetkan Efektif Beroperasi Tahun Ini

Monday, March 19th 2018. | Kaltara, Tanjung Selor

EFEKTIF : Kapolda Kaltara Brigjen Indrajit bersama Wakapolda Kombes Zainal Arifin P didampingi Wagub Kaltara H Udin Hianggio meninjau lokasi Mapolda Kaltara sementara, kemarin (18/3).

TANJUNG SELOR, MK – Empat hari pasca dilantik sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Utara (Kaltara), Brigadir Jenderal (Brigjen) Indrajit bersama Wakapolda Komisaris Besar (Kombes) Zainal Arifin Paliwang langsung meninjau lokasi Mapolda Kaltara sementara di Kilometer 9, Minggu (18/3).

Dalam kunjungannya kemarin, Kapolda didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara H Udin Hianggio serta jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara lainnya. “Saya memohon dukungan kepada Pemprov Kaltara, khususnya kepada Gubernur Kaltara (Dr H Irianto Lambrie) utamanya terkait percepatan pembangunan Mapolda Kaltara,” kata Indrajit.

Sembari menunggu Mapolda sementara siap digunakan, Indrajit berencana untuk mencari lokasi alternatif untuk ia dan jajarannya berkantor. “Kami akan mencari daerah atau kota yang bisa kita gunakan tempatnya untuk dijadikan kantor sementara. Kita tahu bahwa lokasi Mapolda sementara menggunakan Kantor DPRD Bulungan yang berada di Kilo 9. Hanya saja, sarana seperti air, listrik, meubelair dan lainnya belum ada,” jelas Indrajit.

Lokasi alternatif itu, diharapkan Indrajit berada di wilayah Bulungan. “Untuk personelnya, akan dipenuhi secara bertahap. Yang terpenting, kita siapkan dulu sarana dan prasarananya, baru penempatan personelnya,” ungkap Kapolda.

Personel yang dibutuhkan untuk tahap pertama, sekitar 800 orang. “Soal personel, tergantung pada tantangan yang dihadapi. Kalau dengan 800 anggota sudah cukup untuk melayani masyarakat, menciptakan kondisi yang aman dan tertib, tidak akan kita tambah. Tetapi, kalau 800 anggota itu tidak cukup maka akan kita ajukan kepada Mabes Polri untuk penambahan personel,” urai Indrajit.

Soal pembangunan Mapolda Kaltara, Indrajit menuturkan tinggal menunggu kepastian luas lahan yang disediakan untuk pembangunannya. “Untuk anggaran pembangunannya, kami menunggu kesiapan lahannya dulu. Kan, lahan Mapolda ini masih berproses. Kalau nanti sudah diketahui pasti luasannya, baru akan ditetapkan besaran anggarannya. Setelah itu, kami akan laporkan ke Kapolri,” jelasnya.

Dalam operasionalnya nanti, Polda Kaltara juga akan menerima pelimpahan aset dari Polda Kalimantan Timur (Kaltim). “Sebelum saya ke Kaltara, saya sudah melakukan koordinasi dengan Polda Kaltim. Dan, telah ada MoU (Memorandum of Understanding) pelimpahan aset yang akan diserahkan Polda Kaltim kepada Polda Kaltara,” ulas Indrajit.

Dijelaskan pula, dalam waktu dekat, akan dilakukan rehab terhadap Mapolda Kaltara sementara di Kilo 9. “Target kami, tahun ini Polda Kaltara sudah mulai beroperasi. Ya, lebih cepat operasionalnya, maka lebih cepat kami memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tutur Kapolda.

Diinformasikan juga bahwa untuk sementara, Kapolda Kaltara akan mendiami Guest House Rumah Jabatan (Rumjab) Bupati Bulungan sebagai rumah dinasnya. Untuk diketahui, Polda Kaltara membawahi 4 daerah hukum yakni Kepolisian Resort (Polres) Bulungan, Polres Tarakan, Polres Malinau dan Polres Nunukan.(humas)

tags: , ,

Related For Polda Kaltara Ditargetkan Efektif Beroperasi Tahun Ini