Polda Kaltara Gelar Rakornis Untuk Wujudkan Penyidik Yang Berintegritas

Rabu, Januari 16th 2019. | Headline, Tanjung Selor
RAKORNIS: Ratusan personil penyidik dan penydidik pembantu mengikuti rakornis di Hotel Crown, Tanjung Selor, Rabu (16/1)

TANJUNG SELOR, MK – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara melakukan kegiatan Rakornis Reskrim Polda Kaltara 2019 yang pertama kalinya bertemakan “Reserse Rasa Baru” Siap Mewujudkan Penyidikan Yang Cepat, Tepat dan Tuntas. Peserta yang hadir merupakan penyidik dan penyidik pembantu yang bertugas di seluruh polres dan polsek di Kaltara.

“Rakornis ini bertujuan mengevaluasi pekerjaan yang dilakukan di tahun 2018,” ujar Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit kepada kepada Metro Kaltara, Rabu (16/1)

Kapolda menuturkan kegiatan juga lanjutan dari rapat koordinasi oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri, yang mengeluarkan beberapa kebijakan untuk dilaksanakan setiap anggota kepolisian baik dari Reskrimsus, Reskrimum dan Resnarkoba.

“Apa yang menjadi komitmen Kabareskrim, kita sampaikan juga di daerah. Agar para penyidik ini memiliki rasa baru,” paparnya.

Pria berpangkat satu bintang ini pun mengapresiasi apa yang sudah dicapai para personelnya pada 2018 lalu. Karena telah berhasil melakukan pengungkapan sehingga beberapa personelnya yang berhasil diganjar dengan penghargaan. Baik pengungkapan kasus rampok tambak, terorisme, maupun narkotika.

“Jika dibandingkan dengan sebelum adanya Polda Kaltara. Hasil pengungkapan belum terlalu besar, tapi sekarang ada perubahan,” jelasnya.

Lebih jau ia Kapolda ingin agar di zaman modern dan serba canggih, Reskrim harus beralih pada penggunaan teknologi. Karena sebelumnya dalan pelaporan kepada Bareskrim Polri masih minim terutama untuk pelaporan elektronik. Dengan adanya Rakornis ini maka setiap personel penyidik dan penyidik pembantu untuk melakukan E-Penyidikan sebagai laporan ke Bareskrim.

“Secara online kita belum sampai tapi kalau hard copy kita sudah jalankan. Jadi tidak ada masalah,” sebut mantan Wakapolda Jawa Tengah ini. (ars)

tags:

Related For Polda Kaltara Gelar Rakornis Untuk Wujudkan Penyidik Yang Berintegritas