Polres KTT Berdiri Tahun 2020?

Rabu, Januari 16th 2019. | Headline, Tanjung Selor
Bupati Kabupaten Tanah Tidung Undunsyah

TANJUNG SELOR, MK – Tahun ini, pembangunan Mapolres Kabupaten Tana Tidung dipastikan terealisasi. Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati KTT Undunsyah bahwa pembangunan Polres KKT akan segera dimulai, bahkan mantan Kadisdik Tarakan ini memastikan pembangunan Polres KTT selesai tahun 2020.

Sejauh ini, kata Bupti, lahan yang sudah di siapkan oleh pihak Pemkab bukan hanya untuk Mapolres KTT saja. Akan tetapi, lahan untuk markas Kodim juga disiapkan. “Pastinya semua akan bertahap. Pembangunannya nanti, semua di area keramaian. Tidak ada yang berada di area perdesaan. Kita tergetnya, tahun 2020 nanti pembangunannya selesai,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Rabu (16/1).

Ia menuturkan pembangunan Mapolres beserta rumah dinas didirikan diatas lahan seluas 4 hektare nanti akan menjadi tanggung jawab dari Pemda sendiri. Untuk anggaran, Pemda anggaran sekitar 9 hingga 10 miliyar untuk pembangunan Mapolres nanti.

“Kalau untuk Mapolresnya itu, lahan kita siapkan ada 3 hektare. Sedangkan untuk asramanya nanti sekitar 1 hektare sudah kita siapkan. Mudah-mudahan bisa kita selesai sesuai dengan target kita,” tuturnya.

Terpisah, Kapolda Kaltara, Brigjend Pol Indrajit mengungkapkan, untuk pembentukan Polres KTT nanti, pihaknya hanya menunggu kabar dari Mabes Polri.

Kapolda mengaku masih banyak hal-hal yang harus dilengkapi seperti penempatan personil, dukungan sarana dan prasarana, sehingga pelaksanaan tugas kedepan dapat ditunjang dengan baik.

Menurut Kapolda, memang sudah menjadi ketentuan jika setiap kabupaten itu harus memiliki Polres sendiri. Hal ini agar supaya untuk mendekatkan pelayanan Polri terhadap masyarakat yang berada di daerah tersebut. Selama ini, lanjut dia, KTT hingga saat ini masih di back-up oleh Polres Bulungan. Dengan kondisi seperti itu, membuat masyarakat KTT harus menempuh jarak yang cukup jauh ketika akan berurusan dengan Polres Bulungan.

“Ketentuannya kan, dimana ada kabupaten tentu juga harus ada Polres. Supaya pelayanan masyarakat yang berhubungan dengan kepolisian lebih mudah dan tentunya lebih dekat. Intinya, tahun ini kita akan upaya segera dibangun,” ungkap Kapolda. (ars)

tags: , , ,

Related For Polres KTT Berdiri Tahun 2020?