Polres Tarakan bentuk Satgas Bansos

Jumat, Februari 8th 2019. | Headline, Hukum & Kriminal, Tarakan

TARAKAN,  MK – Dengan adanya pembentukan satuan petugas Bantuan Sosial (Satgas Bansos) di Polisi Daerah (Polda) Kalimantan Utara (Kaltara), Polres Tarakan pun juga kini sudah mempersiapkan diri untuk turut andil dalam membentuk satgas serupa.

Menurut Kapolres Tarakan AKBP Yudhistira Midyahwan melalui Kasat Reskrim AKP Choirul Jusuf mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan intruksi dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Kaltara.

“Adapun petunjuk yang diberikan langsung dari Mabes Polri untuk membentuk Satgas Bansos agar. Untuk di Polres Tarakan juga sudah dibentuk Satgas serupa dari Reskrim dan Satuan Intelkam,” Ungkapnya.

Di satuan Reskrim diketuai langsung oleh Kasat Reskrim yang membawahi Unit Tipikor dan KBO Reskrim untuk mengawasi dan monitoring kegiatan bansos. Sementara, untuk Dinas Sosial (Dinsos) masih dalam tahap koordinasi instansi dan belum masuk dalam fungsional satgas bansos.

“Masih belum dibicarakan dengan wali kota, apakah Dinsos melekat dalam fungsional satgas ini. Kalaupun ternyata nanti masuk dalam fungsional, harus ada SK khusus dari wali kota, siapa yang ditunjuk. Karena, berkaitan dengan beberapa instansi di dalamnya,” tuturnya.

Tugas Satgas Bansos ini, lanjut dia, untuk pendampingan di Dinsos Kota Tarakan dalam penyaluran dan distribusi bantuan pangan non tunai atau bansos dalam bentuk lainnya ke masyarakat. Hal ini untuk mengantisipasi, agar tidak ada penyalahgunaan atau penyelewengan dan diawasi kepolisian.

Dalam rapat perdana bersama Dinsos dan Badan Urusan Logistik (Bulog) belum lama ini, Kasat Reskrim mengungkapkan masih dalam bentuk rapat terbatas dan penyampaian tugas-tugas kepada Dinsos untuk mendampingi kegiatan bansos. Diakuinya, setiap wilayah berbeda dalam penyaluran maupun bantuan yang diberikan.

“Kalau keluhan dari Bulog dan Dinsos seperti beras yang masih menumpuk karena masyarakat kurang memilih beras Bulog. Tapi, itu masih sebatas keluhan, kami belum melakukan klarifikasi atau cek ke lapangan,” bebernya.

Sementara, untuk penyesuaian penerima bansos dan kelayakan sebagai penerima sesuai data yang ada, menurut perwira berpangkat balok tiga ini, membutuhkan waktu yang lama. Namun, pihaknya memastikan belum mengagendakan dan masih akan melakukan rapat lagi bersama Dinsos dan Bulog maupun instansi terkait lainnya.

“dari data Dinsos yang kami terima ada 5.522 keluarga peneriman program bantuan pangan non tunai ini, dan kami berharap agar penerimaannya ini memang harus sampai ke tangan si penerima,” tutupnya.(arz27)

tags: , ,

Related For Polres Tarakan bentuk Satgas Bansos