Gambar-Gif

Polres Tarakan Temukan “Sarang” Sabu di Belakang BRI

Monday, September 21st 2015. | Headline, Hukum & Kriminal, Tarakan
- wisata-kaltara -

HA : Akui Narkoba Miliknya Didatangkan dari Kabupaten Nunukan

HA ketika dimintai keterangan di Polres Tarakan. (man15)

HA ketika dimintai keterangan di Polres Tarakan. (man15)

Tarakan, MK – Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat dan melakukan investigasi cukup panjang, akhirnya Sat Reskoba Polres Tarakan berhasil menemukan sarang transaksi jual-beli sabu di RT 15, Kelurahan Selumit Pantai, Belakang Kantor BRI, Minggu (20/09).

Penggerebekan dilakukan sekitar pukul 11.15 Wita. Dari penangkapan itu, Polisi mengamankan dua tersangka berinisial HA (38) sebagai bandar dan MA alias Boy (28) kurirnya.

Bahkan, saat petugas sedang memeriksa sejumlah barang bukti. Sekitar 7 orang pelanggan yang tidak mengetahui keberadaan petugas di dalam rumah tersebut turut diamankan.

Dari tangan kedua tersangka juga berhasil disita sebanyak 38 paket sabu siap edar dengan berat 14,74 gram, bong (alat hisab sabu), timbangan mini, uang senilai Rp 5.780.000, handphone, alat press serta alat sabu lainnya.

Saat polisi sedang melakukan penggeledahan dan pemeriksaan dirumah kayu tersebut. HA sempat membuang dua bungkus bening ke bawah kolong rumahnya sehingga petugas meminta HA kembali mengambilnya.

Kapolres Tarakan AKBP Dani Hamdani, SIK melalui Paur Subbag Humas Iptu Hadi Sucipto kepada Metro Kaltara membenarkan penggrebekan yang dilakukan Reskoba Polres Tarakan.

Ia menjelaskan penangkapan bermula dari informasi masyarakat dilokasi Selumit Pantai, RT 15 acap kali ditemukan transaksi narkotika. “Setelah melakukan investigasi, akhirnya petugas mencurigai salah satu rumah,” kata Hadi Sucipto.

Saat berada dilokasi penggrebekan, pintu depan rumah tersangka kala itu dalam keadaan terbuka. Lalu, petugas pun masuk kedalam dan mengamankan beberapa orang yang kebetulan berada di dalam rumah

Hadi pun membenarkan kalau ada pelanggan sabu-sabu turut diamankan dilokasi tersebut. Tetapi 7 orang itu hanya sebatas dimintai keterangan dan wajib lapor.

Dituturkanny HA adalah residivis dengan kasus yang sama. HA pernah tertangkap oleh petugas reskoba di salah satu hotel di Sebengkok bersama dengan istri perwira Lanal AL pada 2013 silam. HA baru saja keluar dari lembaga pemasyarakatan usai lebaran tahun ini.

“Dia baru saja menjalani hukuman dan keluar pada lebaran lalu, dulunya hanya pemakai, tetapi sekarang menjadi bandar sabu sesuai barang bukti yang telah ditemukan di TKP,” beber Hadi.

“Dia mendapatkan sabu-sabu itu dari seseorang yang berinsial NU berdomisili di Kabupaten Nunukan,” imbuhnya.

Sementara MA sendiri mengaku baru pertama kali menjalani bisnis barang haram tersebut. HA mulai mengembangkan bisnis haramnya sambil merekrut MA untuk dijadikan kurir. “Dari pengakuan MA baru pertama kali dan sebagai kurirnya si HA,” kata Hadi.

Hadi menyebutkan untuk tersangka HA akan dikenakan pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2 UURI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Sementara untuk MA sendiri dikenakan pasal yang berbeda, yakni 114 ayat 1 subsider pasal 112 ayat 1 UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (man/sti)

.

tags: , ,

Related For Polres Tarakan Temukan “Sarang” Sabu di Belakang BRI