PPDB BERAKHIR, SISWA YANG BELUM MASUK SEKOLAH HANYA BISA MASUK DI SEKOLAH SWASTA

Selasa, Agustus 14th 2018. | Artikel, Citizen Journalism, Headline, Tarakan, Uncategorized

AKTIFITAS SEKOLAH SUDAH MULAI BERJALAN

TARAKAN, MK – Meski Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018-2019 sudah berakhir pada bulan Juni lalu. Tidak ada peluang lagi bagi peserta yang tergeser untuk masuk sekolah Negeri, kecuali sekolah swasta.

memastikan tidak bisa memasukkan calon siswa disaat belajar mengajar sudah berjalan saat ini. PPDB sendiri sudah berakhir Juni lalu dan saat ini kegiatan belajar mengajar sudah berlangsung.

“PPDB sudah selesai, yang belum terdaftar masuk ke swasta,” tegas Kepala Cabang Disdikbud Kaltara wilayah Tarakan, Ahmad Yani di sela-sela kegiatannya mendampingi Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), Minggu (12/8).

Menurutnya, penegasan ini sebagai edukasi kepada masyarakat bahwa apapun kebijakan yang dikeluarkan harus ada aturan jelas dan pemerintah tidak pilih kasih dalam penerapan aturan maupun kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah sendiri.

“Karena tidak bisa tidak, kita harus mengedukasi masyarakat, apapun itu harus ada aturan yang jelas dan harus ada kesadaran semua stakeholder untuk mentaati,” sambungnya.

Selain itu, Yani menuturkan dalam pertemuan orangtua calon siswa yang gagal masuk dalam PPDB sekolah negeri di kantor DPRD Tarakan, beberapa waktu lalu sudah disampaikan bahwa penerapan aturan harus dilakukan secara menyeluruh, tidak bisa hanya melihat di Tarakan saja.

“Saya kira teman-teman di DPRD Kaltara bisa paham. Kalau bicara soal pendidikan, tidak hanya Tarakan saja tetapi harus bicara Nunukan dan wilayah lain di Kaltara. Jika diputuskan Tarakan bisa menerima siswa setelah PPBD selesai, berarti Nunukan dan daerah lain bisa dong,” tandasnya.

Ia pun kembali menegaskan, harus ada mekanisme PPDB yang jelas. Bentuknya, apakah itu PPDB susulan atau cara lain untuk calon siswa ini bisa masuk sekolah negeri, tapi harus tetap ada rujukan yang jelas. Namun, sudah seharusnya ada edukasi kepada masyarakat dengan komitment menjalankan ketentuan yang sudah ada.

“Bagi yang belum masuk, kita dorong ke sekolah swasta. Tindak lanjut dari pertemuan dengan DPRD Kaltara waktu itu, kita sudah memiliki data calon siswa yang tidak bisa masuk ke sekolah negeri, sekitar 15 orang dan jumlahnya tidak lebih banyak dari itu,” bebernya.

Soal bantuan kepada orangtua calon siswa yang mengaku tidak mampu membayar biaya masuk ke sekolah swasta, Yani mengungkapkan karena berhubungan dengan status dan kondisi sosial ekonomi orangtua merupakan home physic.

Tetapi, pemerintah berkomitment bersama-sama dengan sekolah swasta akan memudahkan biaya masuk atau partisipasi dan iuran bulanannya. “Kita bersama-sama nanti dengan sekolah swasta untuk mencari titik temu,” kata dia.

Sekolah swasta juga sebenarnya menerima bantuan operasional dari pusat berupa dana BOS dan BOP, sehingga tidak beralasan sekolah tidak diringankan dalam pembiayaannya. Ia pun sudah memiliki data siapa saja calon siswa yang belum tertampung di sekolah negeri dan diakuinya beberapa di antara calon siswa tersebut ada yang termasuk dalam keluarga tidak mampu.

“Kalau masyarakat itu merasa tidak mampu, silakan koordinasikan ke sekolah dan jika diperlukan lampirkan saja bukti bahwa mereka tidak mampu, seperti SKTM, KIP atau lainnya,”.(arz27)

tags: , ,

Related For PPDB BERAKHIR, SISWA YANG BELUM MASUK SEKOLAH HANYA BISA MASUK DI SEKOLAH SWASTA