Prediksi Piala AFF U-22 Indonesia vs Thailand: Hilangkan Rasa Gentar Demi Gelar Juara

Selasa, Februari 26th 2019. | Olahraga
  • Timnas Indonesia U-22 akan bersua Thailand U-22 pada babak final Piala AFF. Melihat statistik yang dihasilkan sepanjang turnamen, Indonesia berpeluang menjadi juara.

Pnom Penh: Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Thailand U-22 pada partai puncak final Piala AFF U-22 yang dihelat hari ini, Selasa 26 Februari 2019. Sesuai jadwal, laga digelar pukul 18:30 WIB di Olympic Stadium, Pnom Penh, Kamboja.

Grafik permainan anak asuh Indra Sjafri kian konsisten. Sempat bermain imbang dua kali pada laga awal penyisihan grup, Indonesia U-22 tampil impresif saat menyudahi perlawanan Kamboja dan Vietnam.

Dua kemenangan terakhir tersebut membuat kepercayaan diri Witan Sulaeman dan kolega semakin tinggi. Apalagi, menghadapi tim sekelas Thailand perlu memiliki rasa kepercayaan diri namun tidak berlebihan.

Menilik kekuatan Indonesia kontra Thailand, Indonesia bisa mengandalkan kreativitas di lini tengah. Gelandang serang Indonesia setidaknya harus mampu berduel dalam perebutan bola dan bisa mengatur tempo serangan. Hal tersebut bisa menjadi kunci untuk mengalahkan penyandang gelar juara AFF U-22 pada 2005.

Tidak hanya itu, lini depan Indonesia yang dimotori oleh Marinus Wanewar wajib memperbaiki kesalahan dalam penyelesaian akhir. Sebab, berkaca pada laga-laga sebelumnya, beberapa kali penyerang Indonesia tidak tenang dalam melakukan penyelesaian akhir.

Indonesia juga bisa mengandalkan serangan dari sisi sayap yang bisa membuka celah untuk membongkar pertahanan Thailand yang dikenal solid. Sebab, skuat Gajah Putih tidak pernah kebobolan dalam waktu normal sepanjang turnamen Piala AFF U-22.

Selain itu, Indonesia bisa memanfaatkan keletihan fisik para pemain Thailand. Sebab, saat melakoni babak semifinal melawan Kamboja, Thailand harus menjalani babak adu penalti yang menguras tenaga skuat arahan Kitti Tantisrisuk.

Indonesia juga wajib mengantisipasi bek Thailand Saringkan Promsupa. Meski beroperasi di lini belakang, pesepak bola 21 tahun itu sudah menorehkan dua gol untuk Thailand.

Produktivitas Gol Indonesia unggul atas Thailand
Sebelum laga final nanti, Indonesia unggul dari statistik di turnamen Piala AFF U-22 ini. Khususnya dari segi produktivitas gol. Skuat Indonesia mengemas lima gol pada penyisihan grup dan satu gol pada semifinal. Sedangkan Thailand, mereka mencetak empat gol pada penyisihan grup dan tidak mencetak gol pada semifinal lantaran menang adu penalti.

Dari segi pertahanan, Indonesia harus mengakui Thailand. Sebab, gawang mereka masih perawan jika bermain pada waktu normal di turnamen Piala AFF U-22. Sedangkan Indonesia, sudah kebobolan tiga gol.

Catatan tersebut menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Indonesia. Sebab, kiper Thailand Korrapat Nareechan tampil sangat apik dan sulit ditaklukkan. Bahkan, tak menutup kemungkinan bisa terjadi babak adu penalti.

Namun, jika bermain tanpa rasa gentar dan berjuang maksimal, niscaya prestasi bisa direbut.

Prakiraan susunan pemain:
Indonesia U-22: Awan Setho, Nur Hidayat, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika, Asnawi Mangkualam, Muhammad Lutfi, Witan Sulaeman, Osvaldo Haay, Gian Zola, Sani Rizki, Marinus Wanewar

Thailand U-22: Korraphat Nareechen, Kritsada Nontharat, Chatchai Saengdao, Kittipong Sansanit, Saringkan Promsupa, Marco Ballini, Partcharapol Intanee, Tanpisit Khukhalamo, Sakunchai Saengthopho, Jaronsak Wonggorn, Jedsdakorn Kowngam.

Sumber: Medcom.id

tags: ,

Related For Prediksi Piala AFF U-22 Indonesia vs Thailand: Hilangkan Rasa Gentar Demi Gelar Juara