Propaganda Rentan Terhadap Masyarakat Kurang Berwawasan

Monday, February 11th 2019. | Headline, Tanjung Selor
Kombes Pol Muhammad Yamin Sumitra

TANJUNG SELOR, MK –  Isu berita Hoax, Hate speech (ujaran kebencian) hingga hal-hal yang sifatnya provokatif dan propaganda terus menjadi atensi kepolisia daerah (Polda) Kalimantan Utara (Kaltara). Pasalnya jika terus dibiarkan maka dampak dari berita hoax, heds pech, propkativ bisa mengahcurkan sebuad daerah, tak terkecuali di Kaltara.

Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit melalui Dirbinmas Kombes Pol Muhammad Yamin Sumitra mengatakan hoax, Hate speech , dan provokatif terus digulirkan oleh sekolompok yang memiliki kepentingan yang kemudian  membuat propaganda kepada masyarakat awam yang notabennya minim pengetahuan dan wawasan.

“Hoax, kebencian sama provokasi terus digulirkan,ya mungkin untuk makar, bisa juga di bayar, bisa juga di iming-imingi jabatan atau proyek. Nah ini  terus digulirkan secara terus menerus sehingga orang yang penegetahuannya kurang luas atau wawasannya kurang luas mungkin kurang cerdas akhirnya percaya,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Senin (11/2).

Ia menuturkan dengan penegetahuan yang minim kemudian masyarakat langsung mempercayai berita atau ujaran kebencian tentu dampaknya sangat berbahaya.  Karena bisa menimbulkan konflik ditengah-tengah masyarakat.

“Nah kalau sudah percaya itu bahaya, karena bisa menimbulkan heads pech, ataupun konflik seperti di suriah, ataupun afganiistan. Hoax ataupun pembohongan atau strategi propaganda sebetulnya kalau kita yang sudah mengerti. Nah sebetulnya yang wawasannya luas pasti berpikir ooo ternyata selama ini banyak istilahnya menjelang pemilu strategi propaganda sudah dijalankan,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan untuk di Kaltara sendiri isu-isu hoax, Hate speech hingga strategi propaganda ditemukan. Pasalnya, disamping masyarakat Kaltara yang sudah cerdas, juga karena rendagnya tingkat pengagguran di Bumi Benuata sebutan lain Kaltara sehingga masyarakat sangat sedikit waktu untuk memikirkan hal-hal tersebut.

“Alhamdulillah di Kaltara ini pintar dan cerdas terus wawasannya luas, dipedalaman-pedalaman juga banyak yang doktor, masters profesor juga jadi untuk terpengaruh hoax, heds pech, propokativ tidak mudah terpengaruh, percaya karena dia pintar cerdas dan wawasannya luas,” lanjutnya.

“Terus hebatnya lagi oranya disini jarang pengangguran, kerja terus banyak kegiatan, sibuk kegiatan. Sehingga kegiatan-kegiatan untuk memikirkan politik kuranglah karena berpikiran siapapun presiden, siapapun  calegnya tidak ada pengaruhnya,” tutupnya. (as)

tags: , , ,

Related For Propaganda Rentan Terhadap Masyarakat Kurang Berwawasan