Rakor GISA, Malinau jadi Tuan Rumah

Tuesday, July 31st 2018. | Advertorial, Malinau

Malinau, MK– Rapat Koordinasi ( Rakor ) Gerakan Indonesia Sadar administrasi Kependudukan ( GISA ) dilaksanakan di ruang Tebengang kantor bupati Malinau, Senin (30/07). Acara ini dibarengi dengan Launching GISA , Launching KIA Kabupaten Malinau, Penyerahan KK, KTP-EI, Akta Perkawinan, Akta Kelahiran dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Utara, Samuel Parangan, SE, M.Si yang ditandai dengan pemukulan gong didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Wakil ketua DPRD, Kasubdit Fasilitasi Pencatatan Perubahan status anak Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri dan FKPD Kabupaten Malinau atau yang mewakili.

Tema yang diusung dalam acara tersebut adalah “ Terpenuhinya Dokumen Kependudukan dan pencatatan Sipil Bagi Masyarakat menuju Kalimantan Utara Yang Mandiri , Aman dan Damai ”.

Dalam sambutan tertulis bupati Malinau yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM menyampaikan atas nama pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat kabupaten Malinau mengucapkan selamat datang di bumi intimung kepada seluruh peserta rakor. “Merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kami pemerintah kabupaten Malinau dipercayakan menjadi tuan rumah pelaksanaan rapat koordinasi kependudukan dan pencatatan sipil provinsi kalimantan utara tahun 2018 kali ini,” ucap Ernes. Kabupaten Malinau secara geografis memiliki wilayah yang cukup luas, hal ini turut berdampak pada semakin luasnya penyebaran masyarakat Kabupaten Malinau. Namun dengan akses yang cukup sulit karena masih ada beberapa lokasi yang saat ini belum memiliki akses darat menuju Ibu Kota Kabupaten, membuat sebagian warga menemui kesulitan dalam pengurusan administrasi pribadi maupun keluarga, serta kurangnya kesadaran warga akan pentingnya dokumen – dokumen primer yang menunjang kehidupan dalam bermasyarakat dan bernegara,” terangnya.

Ernes Silvanus mengharapkan Kepada seluruh peserta rakor untuk benar – benar mengikuti jalannya rakor dengan baik, menyerap ilmu dari narasumber yang kompetitif dibidangnya sehingga kendala – kendala yang ditemui di lapangan dapat dipetakan dengan baik serta dapat dirumuskan solusi yang tepat bagi peningkatan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

“Pada kesempatan yang baik ini juga selaku bupati Malinau mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tertib administrasi demi kepentingan bersama. Sebagai bukti bahwa kita adalah warga negara Indonesia yang taat aturan dan perundangan yang ada di indonesia. hal ini juga merupakan bentuk semangat pembangunan kita untuk indonesia khususnya provinsi Kaltara yang mandiri, aman, dan damai sesuai dengan tema rakor pada hari ini “, ujarnya.

Rakor (GISA) ini dirangkai dengan Prosesi Pencatan Perkawinan dan Penyerahan Akte perkawinan, Lahir, Kartu Keluarga dan KTP. Serta Penyerahan Bantuan peralatan dari Dinas Dukcapil Kalimantan Utara kepada Seluruh Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Utara dan Penyerahan Dokumen Kependudukan pelayanan jemput bola di kecamatan perbatasan dalam hal ini adalah kecamatan Kayan Selatan dan kecamatan kayan Hulu. (hms)

tags:

Related For Rakor GISA, Malinau jadi Tuan Rumah