Remaja Berusia 18 Tahun Harus Berurusan Dengan Hukum

Rabu, Februari 20th 2019. | Headline, Hukum & Kriminal, Tarakan

TARAKAN, MK – SY seorang remaja yang berumur 18 sudah harus terjerat hukum, setelah berani menjual sebuah mobil milik salah seorang warga bernama Sandro pada hari Senin (11/2/2019) lalu.

Menurut informasi yang didapatkan Metro Kaltara, Kejadian tersebut bermula pada saat SY baru saja merental sebuah, mobil Cayla bernopol KT 1994 GE dengan jumlah Rp.300 ribu untuk disewa dalam sehari.

“Setelah habis masa sewa mobil yang dirental, SY tidak mengembalikan mobil tersebut. Bahkan saat dihubungi pemilik mobil, SY mengaku akan memperpanjang sewa mobil,” Ungkap Kapolres Tarakan, AKBP Yudhistira Midyahwan melalui Kanit Resume, IPDA Dien F Romadhoni

Tak ada kabar dari SY dan mobil tak kunjung kembali, Sandro sang pemilik mobil akhirnya melaporkan kejadian tersebut kepihak berwajib. Sebelum melapor, pemilik mobil sempat memposting kehilangan mobilnya ke media sosial, dengan mencantumkan foto mobil dan kartu identitas penyewa yakni SY.

Alhasil Sabtu (16/2/2019) lalu SY akhirnya diamankan Unit Jatanras Satreskrim Polres Tarakan.

 “Setelah mendapatkan laporan dari pemilik mobil, kami melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan SY. Tetapi saat diamankan barang bukti (BB) mobil Cayla tidak tidak ada pada saat penangkapan,” jelasnya.

Lanjut pria berpangkat balok kuning satu ini, saat diperiksa SY mengaku kalau mobil tersebut sudah dijual kepada seseorang di Kelurahan Juata Laut seharga Rp 120 juta, tapi pembayaran baru dilakukan Rp 20 juta dengan mekanisme Rp 15 juta via transfer rekening Bank, sisanya Rp. 5 juta diberikan secara tunai kepada SY. Sementara untuk pelunasan Rp 100 juta baru diberikan jika SY sudah memberikan BPKB mobilnya.

“Perjanjiannya tiga hari BPKB sudah harus ada, ternyata si pembeli mobil ini keburu melihat postingan di media sosial terkait kehilangan mobil. Sehingga, pembeli mobil ini mengurungkan niatnya membelli mobil dan menyerahkannya kepihak berwajib,” bebernya.

Dien menambahkan, untuk uang Rp 20 juta pembayaran mobil tersebut diakui SY kalau uang tersebut sudah sudah ditransfer ke rekening milik salah satu napi Lapas Tarakan berinisial R. Maka dari itu, penyidik akan mengembangkan kasus ini, guna memastikan lebih lanjut apakah pengakuan SY ini benar atau tidak.

“Jadi masih kita dalami lebih lanjut, tapi kita menduga antara SY dan R ini merupakan sidikat penjualan mobil,” tegasnya

Diakui Dien, sebenarnya SY ini sudah pernah diamankan di Makassar, Sulawesi Selatan karena tersangkut kasus serupa yakni peggelapan mobil. Bahkan, dalam kasus sebelumnya sampai saat ini masih berlanjut dan berkasnya belum tahap dua.

“Untuk mempertangg jawabkan perbuatannya, SY akan kita jerat dengan pasal 372 junto pasal 378 tentang penipuan. Saat ini, SY sudah kita lakukan penahanan guna penyidikan lebih lanjut,” tutupnya.(arz27)

tags:

Related For Remaja Berusia 18 Tahun Harus Berurusan Dengan Hukum