Resmikan Balai Adat, Wabup Minta Perusahaan Membumi dengan Masyarakat

Senin, Agustus 27th 2018. | Advertorial, Nunukan

Nunukan, MK – Wakil Bupati Nunukan H. Faridil Murad meresmikan Bai (Baloy) Adat Tidung Desa Pelaju Kecamatan Sembakung di tandai dengan penandatangan prasasti, Minggu (26/08).

Baloy Adat Tidung bertujuan untuk melestarikan dan mempromosikan budaya tradisional suku tidung yang ada di Kecamatan Sembakung dan sekitarnya, juga sebagai wadah lambang atau simbol khususnya bagi generasi muda yang ada di Kecamatan Sembakung, agar lebih mengenal seni budaya tidung.

Acara diawali dengan ritual syukuran dan tolak bala kemudian di lanjutkan dengan menyanyikan secara bersama lagu adat Bebilin/Bebalon.
Lagu tersebut dapat di maknai seperti nasehat, penganjuran persatuan, pengikat persaudaraan, serta membangun sebuah Daerah/Negara tanpa meninggalkan akar budaya adat istiadat Suku Tidung. Gerak rentak dan irama lagu ini wajib di ikuti oleh seluruh tamu dan undangan sebagai tanda penghormatan, penghargaan yang tinggi dan rasa kebersamaan.

Ketua Adat Tidung Desa Pelaju H. Suharman Bin Abdul Gani mengatakan kalau pembangunan Baloy Adat Tidung Desa Pelaju tersebut merupakan bantuan dari beberapa perusahaan yang ada di kawasan hukum adat Tidung Pelaju khususnya sembakung, maka diharapkan dengan adanya perusahaan – perusahaan itu nantinya akan terbangun sinergitas yang harmonis antara pihak investor dengan masyarakat adat setempat dalam membangun masyarakat makmur sejahtera dan berkeadilan. ” Kami masyarakat adat tidung sangat menghormati kehadiran pihak perusahaan untuk mengelola kekayaan sumber daya alam di dalam hukum adat kami, agar masyarakat nantinya dapat bekerja sesuai kemampuan yang ada pada kami, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”Ungkap ketua adat.

Dalam kesempatan yang sama, Wabup mengucapkan terimakasih kepada pihak perusahaan yang peka melihat kebutuhan masyarakat, ” Atas nama Pemerintah Daerah saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh pimpinan perusahaan yang telah membantu masyarakat saya, sehingga balai adat tidung di desa pelaju ini dapat berdiri megah dan kokoh seperti yang di harapkan seluruh lapisan masyarakat,”Kata H. Faridil

Bang Haji, sapaan akrabnya juga menitip pesan supaya apa yang sudah di bangun supaya di rawat, karena menurutnya merawat jauh lebih susah dari pada membangunnya, ” Saya berpesan kepada seluruh ketua adat tidung, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan seluruh masyarakat desa pelaju, kiranya bagunan balai adat ini, supaya di pelihara dan di rawat dengan sebaik-baiknya sehingga kelestarian dan keasliannya tetap terjaga hingga anak cucu kita nantinya,”Tuturnya.

Sebelum menutup sambutannya, Wabup ingatkan pihak perusahaan untuk membumi dengan masyarakat, maksudnya dapat menyatu, berbaur bersama masyarakat, agar saling mengetahui satu sama lain, dan tidak terjadi miskomunikasi, ” Junjung tinggi adat istiadat setempat, seperti pepatah lama mengatakan dimana bumi di pijak disitu langit dijunjung,”tutupnya. (ILo/Protokol)

tags:

Related For Resmikan Balai Adat, Wabup Minta Perusahaan Membumi dengan Masyarakat